RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN/S
Mata
Pelajaran : Prakarya Rekayasa
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi
Pokok :
Kerajinan Serat
Alokasi
Waktu : 16 JP
(8 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3
Memahami jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi.
3.4
Memahami sistem,
jenis, serta karakteristik persambungan dan penguatan pada konstruksi.
|
3.3.1
Menjelaskan dasar perkembangan
teknologi kontruksi
3.3.2
Mendeskripsikan
jenis-jenis fungsi kontruksi.
3.3.3
Mendeskripsikan prinsip ergonomic.
3.4
3.4.1 Mengidentifikasi sistem dan kontruksi.
3
3.2
3.3
3.4
3.4.1
Menjelaskan jenis
persambungan dan penguatan pada kontruksi.
3.4.2
Mendeskripsikan fungsi
persambungan dan penguatan pada kontruksi.
|
4.3
Memanipulasi
jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi.
4.4
Membuat
produk teknologi konstruksi dengan memanfaatkan potensi yang ada di
lingkungan sekitar.
|
1.
2.
3.
4.
4.1
1
1.1
4
4.1
4.2
4.3
2
3
4
4.1
4.2
4.3
4.3.1 Melakukan eksperimen terhadap jenis-jenis dan fungsi kontruksi
berdasarkan kerangka analisa system meliputi : input, proses dan output secara
jujur dan teliti.
4.3.2 Menyajikan dan mepresentasikan hasil dari eksperimen analisa
system (input proses dan output).
4
4.1
4.2
4.3
4.4
4.4.1 Membuat
produk barang dengan menggunakan teknologi persambungan dan penguatan
kontruksi berdasarkan hasil gagasan ide kreatif dengan prinsip pikir, gambar,
buat, uji (PGBU)
4.4.2
Menyanjikan
dan melaporkan hasil pembuatan produk teknologi barang dalam berbagai bentuk
seperti tulisan, foto, gambar dan lain-lain.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
·
Menyatakan pendapat
tentang keanekaragaman teknologi konstruksi jembatan, sebagai ungkapan rasa
syukur kepada Tuhan dan bangga sebagai bangsa Indonesia;
·
Mengidentifikasi jenis,
bahan, alat dan proses pembuatan teknologi konstruksi miniatur jembatan berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli
lingkungan;
·
Merancang karya teknologi
konstruksi miniatur jembatan berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap
diri sendiri;
·
Membuat dan
mempresentasikan karya teknologi konstruksi miniatur jembatan berdasarkan
teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
·
Dasar dan perkembangan teknologi
konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
·
Analisa sistem dan fungsi teknologi
konstruksi
·
Jenis dan fungsi persambungan dan
penguatan pada konstruksi
·
Pembuatan produk teknologi konstruksi
2. Materi pembelajaran remedial
·
Menyelesaikan pembuatan produk teknologi
konstruksi jembatan yang belum selesai
3. Materi pembelajaran pengayaan
Peserta
didik membuat produk konstruksi miniatur lainnya dengan menggunakan bahan-bahan
yang dapat digunakan untuk membuat produk konstruksi miniatur jembatan yang ada
di lingkungan sekitar. Peserta didik dapat mencarinya lewat internet,
perpustakaan, surat kabar, majalah.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang :
Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di
bawah ini :
v Mengamati
Menayangkan
gambar/foto tentang Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Dasar dan Perkembangan
teknologi Konstruksi
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Dasar dan Perkembangan
teknologi Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Bagaimana awal mula sejarah pembuatan jembatan?
© Apa saja jenis jembatan berdasarkan perkembangan
zaman/teknologi?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
:
Dasar dan Perkembangan teknologi Konstruksi
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan,
tentang Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan Dasar dan Perkembangan
teknologi Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Dasar dan Perkembangan
teknologi Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Dasar dan Perkembangan teknologi
Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Dasar
dan Perkembangan teknologi Konstruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Jenis-jenis
Kontruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis-jenis Kontruksi dengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Jenis-jenis Kontruksi
Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Jenis-jenis Kontruksi
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Jenis-jenis Kontruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Jenis-jenis Kontruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis-jenis Kontruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja jenis jembatan berdasarkan
bahan bangunan utamanya?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber
tentang : Jenis-jenis Kontruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis-jenis Kontruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati tekmologi kontruksi jembatan yang ada di
sekitar seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Jenis-jenis Kontruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Jenis-jenis Kontruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis-jenis Kontruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Jenis-jenis Kontruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Jenis-jenis Kontruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Jenis-jenis Kontruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis-jenis Kontruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Fungsi Konstruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Fungsi Konstruksi
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Fungsi
Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah :
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Fungsi Konstruksi
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi : Fungsi Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Fungsi Konstruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Fungsi Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja fungsi dari kontruksi jembatann ?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Fungsi Konstruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Fungsi Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta didik diminta untuk
mengeksplorasi dan menganalisi jembatan yang berada di sekitar berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Fungsi Konstruksi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Fungsi Konstruksi
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Fungsi Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Fungsi
Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Fungsi Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Fungsi Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Fungsi Konstruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Prinsip ergonomis
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Prinsip ergonomis
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Prinsip ergonomis
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Prinsip ergonomis
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Prinsip ergonomis
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Prinsip ergonomis
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Prinsip ergonomis
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja jenis-prinsip ergonomis?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Prinsip ergonomis
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Prinsip ergonomis
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Prinsip ergonomis
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Prinsip ergonomis
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Prinsip ergonomis
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Prinsip
ergonomis
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Prinsip ergonomis
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan
secara tertulis tentang : Prinsip ergonomis
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Prinsip ergonomis
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Analisa
Sistem Teknologi Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Jenis alat dan kegunaanya
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Analisa Sistem
Teknologi Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Analisa Sistem
Teknologi Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya,
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Analisa Sistem Teknologi
Konstruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Analisa Sistem
Teknologi Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang :
Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Analisa Sistem
Teknologi Konstruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Analisa
Sistem Teknologi Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Analisa Sistem Teknologi Konstruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Fungsi Teknologi Konstruksi
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Fungsi Teknologi Konstruksi
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Fungsi Teknologi
Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Fungsi Teknologi Konstruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Fungsi Teknologi
Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa fungsi dari teknologi konstruksi
jembatan?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Fungsi Teknologi Konstruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Fungsi Teknologi Konstruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Fungsi Teknologi Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Fungsi Teknologi
Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Fungsi Teknologi Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Fungsi
Teknologi Konstruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan
Penguatan Pada Konstruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Jenis dan Fungsi
Persambungan Penguatan Pada
Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis dan Fungsi
Persambungan Penguatan Pada
Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa yang dimaksud dengan teknik
persambungan dan teknik penguatan?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Jenis dan Fungsi Persambungan
Penguatan Pada Konstruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan
Penguatan Pada Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan
cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat
orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Jenis dan
Fungsi Persambungan Penguatan Pada
Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Jenis dan Fungsi Persambungan Penguatan Pada Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
8. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis dan Fungsi Persambungan
Penguatan Pada Konstruksi
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Pembuatan Produk Teknologi Konstruksidengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pembuatan Produk
Teknologi Konstruksi
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai :
Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pembuatan Produk
Teknologi Konstruksi
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja langkah-langkah untuk
membuat produk miniature rumah?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta didik diminta untuk
membuat rancangan karya seperti
berikut.
©
Peserta didik diminta membuat
karya konstruksi miniatur jembatan seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Pembuatan Produk Teknologi
Konstruksi
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Pembuatan Produk Teknologi Konstruksi
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Pembuatan Produk Teknologi
Konstruksi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Pembuatan
Produk Teknologi Konstruksi
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pembuatan Produk
Teknologi Konstruksi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Pembuatan Produk Teknologi
Konstruksi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1) Tes
Tertulis
a) Pilihan
ganda
b) Uraian/esai
2) Tes
Lisan
©
Tes
lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
©
Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
©
Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
v
Remidial dapat diberikan kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v
Guru memberi semangat kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut,
Tindakan remedial dilakukan bagi peserta didik yang memperoleh
nilai dibawah KKM mungkin dikarenakan
memiliki lambat dalam menyelesaikan tugas, atau jarang hadir di kelas saat
pelajaran Prakarya dilaksanakan. Tindakan remedial memerlukan bimbingan yang ekstra
dan seksama dari guru dalam teknik dan proses pembuatan produk. Lakukan tanya
jawab mengenai apa yang belum dipahami oleh peserta didik. Remedial dilakukan
diluar jam pelajaran sebagai bagian dari pelayanan sekolah.
Peserta didik tidak boleh
dipaksa melebihi batas kemampuannya dalam membuat produk konstruksi miniatur
jembatan, lakukan semampu peserta didik. Guru melakukan deskripsi penilaian
sesuai dengan kemampuan peserta didik.
b.
Pengayaan
v
Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak
ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya,
Peserta didik yang kreatif dan mempunyai minat pada pembuatan
kontruksi miniature jembatan dapat mengembangkan keterampilannya dengan membuat
produk konstruksi miniatur lainnya. Gali sebanyak-banyaknya informasi tentang
bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat produk konstruksi miniatur
jembatan yang ada di lingkungan sekitar. Peserta didik dapat mencarinya lewat
internet, perpustakaan, surat kabar, majalah. Hal ini dimaksudkan untuk
memperluas pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Tindakan pengayaan
dilakukan kepada peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
©
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar penilaian
©
Laboratorium komputer sekolah
atau warnet
©
Perpustakaan sekolah
Ø
Alat/Bahan :
©
Penggaris, spidol, papan tulis
©
Laptop & infocus
©
Slde presentasi (ppt)
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
……………,
.................... 20.....
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment