Thursday, 19 July 2018

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SMP 
Mata Pelajaran           : Prakarya
Kelas/Semester          : VIII (Delapan)/I (Satu)
Materi Pokok             : Kerajinan Bahan Lunak
Alokasi Waktu           : 5 x 40’ (5 kali pertemuan )


A.  Kompetensi Inti

KI-1            : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2            : Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3            : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4            : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1                        Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan lunak


3.1.1         Menyebutkan jenis-jenis bahan lunak
3.1.2         Membedakan sifat-sifat bahan lunak
3.1.3        Menyebutkan karakter bahan lunak
3.1.4        Menjelaskan teknik-teknik pengolahan bahan lunak


3.2                       Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif


3.2.1         Menjelaskan prinsip perancangan produk kerajinan dari bahan lunak
3.2.2         Menjelaskan prinsip pembuatan produk kerajinan dari bahan bahan lunak
3.2.3         Menyebutkan macam-macam bahan untuk kemasan produk kerajinan dari bahan bahan lunak

4.1     Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat


4.1.2.1  Menjelaskan keunggulan bahan lunak yang ada dilingkungan sekitar sesuai potensi daerah setempat.
4.1.2.2  Menjelaskan teknik yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan produk kerajinan sesuai dengan bahan yang tersedia dilingkungan sekitar.

4.1.2        Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat


.2.1Membuat rancangan produk kerajinan dari bahan lunak sesuai dengan prinsip perancangan.
.2.2Membuat produk kerajinan dari bahan lunak sesuai dengan konsep yang telah ditentukan
.2.3Membuat rancangan kemasan produk kerajinan dari bahan lunak sesuai dengan prinsip perancangan.
.2.4Membuat kemasan produk kerajinan dari bahan lunak sesuai dengan konsep yang telah ditentukan


C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Mengetahui jenis-jenis bahan lunak yang biasa dijadikan sebagai produk kerajinan
2.    Mengidentifikasi sifat-sifat bahan lunak berdasarkan jenis bahannya
3.    Mengetahui teknik-teknik pembuatan produk kerajinan sesuai dengan karakter bahan

Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Mengetahui prinsip-prinsip desain produk kerajinan
2.    Mengetahui prinsip-prinsip dalam membuat rancangan untuk produk kerajinan dari bahan lunak alam
3.    Mengetahui prinsip-prinsip dalam membuat rancangan untuk produk kerajinan dari bahan lunak buatan

Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Mengetahui langkah-langkah dalam membuat karya kerajinan dari bahan bahan lunak
2.    Menerapkan teknik-teknik pembuatan kerajinan dari bahan bahan lunak
3.    Membuat rancangan produk kerajinan sesuai dengan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak secara kreatif dan inovatif

Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Membuat rancangan kemasan untuk produk kerajinan dari bahan bahan lunak
2.    Membuat rencana penyajian karya kerajinan dari bahan bahan lunak

Pertemuan V:
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Membuat rancangan produk kerajinan dari bahan-bahan yang tersedia di sekitar lingkungan
2.    Menerapkan teknik-teknik pembuatan kerajinan sesuai dengan jenis bahan yang telah dipilih dilingkungan sekitar

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
a.    Jenis-jenis bahan lunak
b.    Sifat-sifat bahan lunak
c.    Karakter bahan lunak
d.   Prinsip rancangan produk kerajinan
e.    Teknik pembuatan kerajinan dari bahan lunak
f.     Prisip kemasan produk kerajinan
g.    Teknik pembuatan kemasan produk kerajinan

2.    Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Macam-macam produk kerajinan dari bahan tekstil

3.    Materi Pembelajaran Remedial
a.    Prinsip kemasan produk
b.    Teknik pembuatan kemasan

E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan 1           : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2           : Model Discovery Learning
Pertemuan 3           : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan 4           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan 5           : Model Discovery Learning

F.   Media dan Bahan
1.    Media    :           Media audiovisual yang berkaitan dengan kerajinan bahan lunak
2.    Bahan    :           Contoh bahan lunak, bahan dan peralatan kerajinan tekstil

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar       :           Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah dan internet

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (1 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta       Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang kerajinan bahan lunak yang ada dilingkungan sekitar dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing
6.    Guru  mengaitkan materi tentang kerajinan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.          Guru  membagi    peserta  didik  menjadi            beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.          Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait  dengan  permasalahan  yang  melibatkan pembuatan kerajinan bahan lunak secara umum
3.      Peserta   didik   dalam   kelompok   mengamati tayangan  audiovisual  misalkan  tentang  pemilihan bahan, proses pengolahan, proses perancangan sampai tahap pembuatan kerajinan                                       
4.          Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk,  mengamati  LK  (LK  berisi  tentang    permasalahan  yang  berhubungan  dengan  pemilihan bahan, proses pengolahan, proses perancangan sampai tahap pembuatan kerajinan
5.          Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan  dalam  LK  serta  guru  mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan  tanggapan,  bila  diperlukan  guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming
6.          Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi)
7.          Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat pada tayangan video tentang “proses pembuatan kerajinan bahan lunak”



Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8.          Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
-          Menentukan jenis bahan yang bisa dijadikan produk kerajinan yang tersedia dilingkungan sekitar
-          Membandingkan keunggulan dari berbagai jenis bahan yang tersedia dilingkungan sekitar
-       Menyelesaikan permasalahan dalam proses pengolahan bahan lunak untuk dijadikan produk kerajinan
9.          Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
10.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
11.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam  kelompok  untuk  masalah-masalah  yang dianggap sulit oleh peserta didik
12.      Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat         dan teliti   
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
13.      Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
14.      Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang proses pengolahan bahan lunak menjadi produk kerajinan serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh
15.       Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait dengan kerajinan dari bahan lunak

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
16.      Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
17.      Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi
18.      Peserta  didik  melakukan  refleksi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari
19.      Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
20 menit
Penutup
1.     Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah berkaitan   dengan   proses pembuatan kerajinan dari bahan lunak
2.     Melaksanakan  postes  terkait  proses pembuatan kerajinan
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
5.     Guru memberikan tugas
10 menit
Penugasan:
a.                  Jelaskan cara yang dapat dilakukan agar bahan lunak dapat bertahan lebih lama dan terhindar dari jamur !



Pertemuan 2 (Kedua) (1 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.        Guru mengaitkan materi proses pemilihan bahan yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan
4.        Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat,   langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.          Guru bertanya mencari informasi tentang jenis-jenis bahan lunak yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar
2.          Guru  meminta  peserta  didik  untuk  membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3.          Guru memberikan lembar kerja dan bahan-bahan yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.           Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana  cara  memilih bahan lunak dan proses pengolahannya dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus  memotivasi/ mendorong peserta didik untuk menemukannya
                       
Langkah 2. Merencanakan
5.          Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait proses pemilihan bahan
6.          Peserta didik melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7.          Peserta didik dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan proses pengolahan sampai menemukan pembuktian untuk menemukan cara memilih dan mengolah bahan
8.          Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9.          Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain
10.      Setelah  diskusi  selesai,  beberapa  perwakilan kelompok  menyajikan  secara  tertulis  dan  lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan            

Langkah 4. Aplikasi dan Tindak Lanjut
11.      Peserta  didik  memeriksa  secara  cermat  untuk membuktikan   benar   atau   tidaknya   tentang pembuktian  penemuan  tentang  proses pengolahan bahan lunak       
12.      Guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  untuk  menemukan  konsep,  teori,  aturan melalui  contoh-contoh  dalam  lingkungan sekitar.  Berdasarkan  hasil  percobaan,  pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis  yang  diajukan  apakah  terbukti  atau tidak.
13.      Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan  dengan  membuat  kesimpulan dari  hasil  penemuan  dalam  hasil  pembuktian
14.      Guru  dan  peserta  didik  memberikan  tanggapan hasil  presentasi  meliputi  tanya  jawab  untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

20 menit
Penutup
1.    Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah  yang  berkaitan  dengan  cara pemilihan bahan dan proses pengolahannya
5.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  dipelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi terkait materi  yang           telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
7.    Guru memberikan tugas
10 menit
Penugasan:
Sebutkan contoh bahan lunak yang cocok digunakan untuk produk kerajinan patung !


Pertemuan 3 (Ketiga) (1 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.         Guru bertanya mencari informasi tentang teknik-teknik pembuatan kerajinan dari bahan lunak
3.         Guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.         Peserta didik diminta guru untuk mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK

Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.         Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
6.         Guru memberikan media dan Lembar Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
-          Tahapan-tahapan dalam pembuatan produk kerajinan
-          Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam proses pembuatan produk kerajinan
7.         Peserta didik membaca petunjuk dan mengamati LK yang diberikan oleh guru        
8.         Tiap peserta dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari  dan  memahami  masalah  secara bersama
9.         Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok  ahli  untuk  memberikan  pertanyaan terkait masalah yang mereka diskusikan
10.     Peserta didik dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
11.     Peserta didik dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan  permasalahan yang sama
12.     Peserta didik dalam kelompok ahli menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 

Langkah 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
13.     Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
14.     Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli  untuk  menghimpun  materi  yang  sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
15.     Setelah diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik  anggota  kelompok  ahli  kembali  kepada kelompok  asal  dan  dalam  kelompok  tersebut secara  bergantian  menjelaskan  tentang  sub  bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana  anggota  yang  lain  memperhatikan  dan mengeksplor penjelasan dari teman mereka yang sedang menjelaskan.
16.     Peserta     didik   dalam   kelompok   ahli setelah melakukan   pemahaman   maupun   dari   hasil eksplorasi  maka  dalam  diskusi  kelompok  asal, tiap peserta didik mampu:
-          Menjelaskan tahapan-tahapan dalam pembuatan kerajinan dari bahan lunak
-          Memahami teknik-teknik pembuatan karya kerajinan
17.     Peserta  didik  dalam  kelompok  masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
18.     Beberapa perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
19.     Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
20.     Guru memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
21.     Peserta didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan   yang   diperoleh   maupun   sikap lainnya   dari   hasil   pembelajaran   yang   telah dilakukan.

60 menit
Penutup
1.         Peserta   didik     menyimpulkan materi yang telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.         Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.         Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.         Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah
5.         Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
6.         Guru memberikan tugas

Penugasan:
1.     Sebutkan sifat-sifat bahan lunak di bawah ini dan tentukan teknik yang cocok digunakan untuk dijadikan produk kerajinan !
a.       Bahan lunak dari alam
b.      Bahan lunak buatan




Pertemuan 4 (Keempat) (1 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Peserta   didik   melakukan   do’a   sebelum         belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.     Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.          Peserta   didik   menerima   informasi tentang pembelajaran  yang  akan  dilaksanakan  dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.          Guru bertanya mencari informasi tentang proses pembuatan rancangan kerajinan bahan lunak dan peserta didik menjawab
4.          Guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan lingkungan sekitar

Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.          Guru meminta semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan cara merumuskan ide dan gagasan dalam membuat rancangan produk kerajinan melalui tayangan infokus/video

Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.          Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
7.          Guru memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.          Guru membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.          Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.      Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK tentang:
a.    Menentukan ide dan gagasan dalam menentukan proses pembuatan rancangan
b.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan tentang proses perancangan produk kerajinan

Langkah 4. Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11.      Guru berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.      Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.      Guru memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14.      Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
90 menit
Penutup
1.    Peserta   didik        menyimpulkan materi yang telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan          dalam menyelesaikan masalah dalam menentukan ide dan gagasan dalam proses pembuatan karya kerajinan
5.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
7.    Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.    Buatlah contoh rancangan kerajinan yang menggunakan prinsip-prinsip dalam pembuatan rancangan tentang “keunikan bahan kerajinan” !



Pertemuan 5 (Kelima) (1 Jam Pelajaran/40 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
6.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
7.        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
8.        Guru mengaitkan materi proses pemilihan bahan yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan
9.        Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat,   langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
15.      Guru bertanya mencari informasi tentang pembuatan karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan lunak yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar
16.      Guru  meminta  peserta  didik  untuk  membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
17.      Guru memberikan lembar kerja dan bahan-bahan yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
18.       Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana  cara  memproses bahan lunak dan proses pengolahannya  menjadi produk kerajinan dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus  memotivasi/ mendorong peserta didik untuk menentukannya
                       
Langkah 2. Merencanakan
19.      Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait proses pembuatan karya
20.      Peserta didik melakukan identifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
21.      Peserta didik dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan proses pengolahan sampai menemukan pembuktian untuk menemukan cara mengolah bahan
22.      Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
23.      Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain
24.      Setelah  diskusi  selesai,  beberapa  perwakilan kelompok  menyajikan  secara  tertulis  dan  lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan            

Langkah 4. Aplikasi dan Tindak Lanjut
25.      Peserta  didik  memeriksa  secara  cermat  untuk membuktikan   benar   atau   tidaknya   tentang pembuktian  penemuan  tentang  proses pembuatan kerajinan bahan lunak     
26.      Guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  untuk  menemukan  konsep,  teori,  aturan melalui  contoh-contoh  dalam  lingkungan sekitar.  Berdasarkan  hasil  percobaan,  pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis  yang  diajukan  apakah  terbukti  atau tidak.
27.      Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan  dengan  membuat  kesimpulan dari  hasil  penemuan  dalam  hasil  pembuktian
28.      Guru  dan  peserta  didik  memberikan  tanggapan hasil  presentasi  meliputi  tanya  jawab  untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

20 menit
Penutup
8.    Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
9.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
10.             Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
11.             Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah yang  berkaitan  dengan  cara pemilihan bahan dan proses pengolahannya
12.             Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
13.             Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  dipelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi terkait materi  yang         telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
14.             Guru memberikan tugas
10 menit
Penugasan:
Berdasarkan dari tugas pembuatan karya kerajinan, kesulitan apa yang kalian temui dan berikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut !


I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran


b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)

c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Proyek
Proses pembuatan karya kerajinan dan cara penyajiannya
Buatlah karya kerajinan dari bahan lunak yang ada dilingkungan sekitarmu berikut dengan kemasannya
Di luar PBM
selama satu
minggu
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)

2.    Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                                                          ..............., 15 Juli 2018 
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



_________________________                                       __________________________
NIP.                                              


2 comments:

  1. Nama Lestari puji r
    Kls 7i
    No 17

    1 teknologi merupakan ilmu peangaetahuan terapan untuk mewujudkan kenyamanan dan kemudahan hid up manusia

    2 a proyek konstruksi bangunan perumahan
    b proyek konstruksi bangunan gedung
    c proyek konstruksi teknik sipil
    d proyek konstruksi bangunan industrial

    3 a bagian bawah / dasar ini terletak di bawah atau dapat disebut dengan lantei
    b bagian tengah / ruangan tengah
    c bagian aras / penutup rumah

    5 alat : penggaris, hunting, cutter, dan kiss
    Bahan : polistirean / Styrofoam, korek Ali, stik es krim, kardus, triple, pelekat

    6 teknik persambungan merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan dua buah benda atu lebih
    a sambungan tetap (permanent joint)
    Merupakan sambungan yang bersifat tetap sehingga tidak dapat di lepas selamanya, kecuali dengan merusaknya terlebih dahulu
    b sambungan tidak tetap ( semi permanent) merupakan sambungan tidak tetap merupakan sambungan yang bersifat sementara, sehingga masih dapat di bongkar pasang selagi masih salam keadaan normal


    Jawaban Bab budidanya

    1 tomato, bawang merah ,kangkung, sawi banyan

    2 bawang merah dan Putih

    3 a tomat(Lycopersicon esculentum)
    b bawang merah ( allium cepa)
    c kangkung ( Ipomoea reptans)
    d sawi sendok ( pakcoy atau bok choy)
    e bayam ( amaranthus sp. )

    4 pupuk kandang memiliki kandungan unsur hara lengkap seperti nitrogen (N), fosfor(P) ,dan kalium (K)
    manfaat Dari pupuk kandang adalah meningkatkan kandungan unsure hara yang di butuhkan tanaman

    5 media tanam bahan organik : arang sekam ,kompos, sabut kelapa
    Media tanam bahan Anorganik : gel, pasir, pecahan batu vara, spins, vermikulit dan perlit


    6 arang sekam adalah hasil pembakaran yang tidak sempurna Dari sekam padi ( kulit gabah) yang berwarna hitam
    Kompos merupakan zat akhir proses fermentasi tumpukan sampan / serasah tanaman.
    Sabut kelapa adalah sabut kelapa yang Sudan tua

    ReplyDelete

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...