Friday, 10 January 2020

RPP BUDIDAYA KELAS 7 SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMPN/S
Mata Pelajaran          : Prakarya Budi daya
Kelas/Semester          : VII/Genap
Materi Pokok             : Budidaya Tanaman Obat
Alokasi Waktu           :  16  JP (8 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3     Memahami komoditas tanaman obat  yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.

3.4     Memahami  tahapan budidaya tanaman obat.
3.3.1        Menjelaskan konsep budidaya tanaman obat
3.3.2        Mengidentifikasi jenis-jenis  tanaman obat diwilayah setempat
3.3.3        Menyebutkan  sarana produksi budidaya tanaman obat  diwilayah setempat
3.3.4        Menjelaskan tahapan produksi budidaya tanaman obat
3.4.1        Menjelaskan konsep Modifikasi Media Tanam dan wadah tanam Tanaman Obat
3.4.2        Mengidentifikasi jenis-jenis  Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.3        Menyebutkan  sarana produksi budidaya Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.4        Menjelaskan tekhnik Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.5        Menjelaskan tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.1.1           Menjelaskan tekhnik produksi budidaya tanaman obat
4.3     Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah.

4.4     Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat.
4.3.1        Menentukan jenis tanamana obat yang akan di budidayakan.
4.3.2        Menyajikan laporan hasil penentuan budidaya tanaman obat yang akan di budidayakan.
1.1.1         
4.4.1        Merancang pembuatan Modifikasi Media Tanam Tanama obat.
4.4.2        Membuat, menguji, dan mempresentasikan Modifikasi Media Tanam Tanaman obat di  wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat.

C.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
·         Menyatakan pendapat tentang keragaman komoditas tanaman obat sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
·         Mengidentifikasi jenis, sarana produksi, dan tahapan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah setempat.
·         Merancang kegiatan budi daya tanaman obat dan menyusun komposisi media tanam berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri.
·         Melaksanakan dan mempresentasikan kegiatan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah setempat.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
·         Pengertian tanaman obat
·         Jenis dan persyaratan tumbuh tanaman obat 
·         Sarana produksi budidaya tanaman obat
·         Tahapan budidaya tanaman obat
·         (persiapan lahan, pemupukan, pengendalian hama penyakit,pemeliharaan, pemanenan)
·         Praktik budidaya tanaman obat
·         Pemeliharaan tanaman obat  pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
2.      Materi pembelajaran remedial
·         Jenis dan persyaratan tumbuh tanaman obat 
·         Pemeliharaan tanaman obat  pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
3.      Materi pembelajaran pengayaan
Peserta didik dapat merancang apotek hidup atau toga seperti herb garden pada contoh gambar di atas. Rancanglah sesuai impian dan kreativitas. Visualisasikan dalam bentuk gambar.
E.     Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Pengertian Tanaman Obat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Pengertian Tanaman Obat dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang :  Pengertian Tanaman Obat
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini :
v  Mengamati
Menayangkan gambar/foto tentang  Pengertian Tanaman Obat
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :  Pengertian Tanaman Obat
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan :  Pengertian Tanaman Obat
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Pengertian Tanaman Obat.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :  Pengertian Tanaman Obat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa yang dimaksud dengan tanaman obat?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang :  Pengertian Tanaman Obat
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang :  Pengertian Tanaman Obat
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
©  Peserta didik diminta untuk mengamati lebih jauh tanaman sayuran pada ganbar dilihat dari bentuk, warna dan yang lainya seperti berikut.
v  Mendiskusikan.
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :  Pengertian Tanaman Obat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :  Pengertian Tanaman Obat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai  Pengertian Tanaman Obat
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan  Pengertian Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :  Pengertian Tanaman Obat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang  mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  Pengertian Tanaman Obat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang  belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,   Pengertian Tanaman Obat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis-jenis Tanaman Obat dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang :  Jenis-jenis Tanaman Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
  
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan :  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :  Jenis-jenis Tanaman Obat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Terdiri dari apa saja teknik untuk membuat sketsa dan gambar?
©  Hal apa saja yang perlu diperhatikan tentang keselamatan kerja?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang  :  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang :  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
©  Peserta didik secara berkelompok diminta untuk untuk berdiskusi dan mengidentifikasi tanaman obat seperti berikut
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Jenis-jenis Tanaman Obat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Jenis-jenis Tanaman Obat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Jenis-jenis Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit


3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,  Jenis-jenis Tanaman Obat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah :
   
     
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan kondisi :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa saja persyaratan tumbuh setiap  jenis  tanaman obat?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis,Sifat, Fungsi, Karakteristik, dan Kekuatan Bahan
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
©  Peserta didik diminta untuk mencari informasi dari berbagai sumber kemudian membuat kartu bergambar berisi informasi deskripsi tanaman obat seperti berikut.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit


4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Sarana Produksi Tanaman Obat dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Sarana Produksi Tanaman Obat
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa saja  bahan dan alat  untuk memproduksi tanaman obat?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Sarana Produksi Tanaman Obat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Sarana Produksi Tanaman Obat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Sarana Produksi Tanaman Obat
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Sarana Produksi Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,  Sarana Produksi Tanaman Obat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang :  Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSWEwUl599VcZrCkVOR3ll47UvLQBike4dwi8HShtCglE7HDNWKky7w2s8crHpQHHtO78hx5eBjpY-tl_Kj-eQiy7wiw4DnalzZD1mWhDgdD6y1dML3VZ1V4tmprkTWdYGbrPzWYjuESDL/s1600/Pembibitan.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibljkOP8m-hbwgDpxGASZaztNvy1bAYQklyfXhyphenhyphenpagwZs1IVIE2m3EL3mIbgYj9whBs2upS8Pc6gp8125iT7tr-sQjicqWaidxEzyv6JtuobrGDtpjpSSIkcz5IY_s8_2udv1naMgYXcOq/s1600/pengolahan+tanah.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiX7QN9Bw21rtO7GruRNG3FqwyzCruauq_kyYPvLQQyKiz2vBwswgnQeOyd6HtQU6HDMVREvOBTLU-ea2ZW61IcmsPxGtZpiL81HI0p8UcbbDOORabiopnPLNb7Ulti-jKOSFk4n6N3_rqQ/s1600/penanaman.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmORNXpT4WrSqlju0-fjyd47tywP7P6co4hkxYsusKRIKIuToQvY2o6WlZn6Uq7MUs4Pjpgw_hrqgHwpmDdHrn5hGr7VjYGJxeE6lS7rdxqkwlgZ6128SCtODAaQG7H2XAbdgiTxK0dTrl/s1600/perawatan+tanaman+obat.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLeIDBbVFZzBhU5TFgCQyemIhUnxup_wvt59M5axn0lrMwaITa1kuqrjorRAPWWX7h1EuiALQQDXyrMVDVDW9H4-jLEV6Nop_rIO84Je0W8QpbeyZ_1TtVspO8iy9lDv3T9D0iRnJdmf_j/s1600/panen+tanaman+obat.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh862btmVpKC1PrKa1-cxfO5NbvgxssGPf-qY_1J82t7O2VP1ndZT086bL98d1SmqX2gpXS58KUlvykhmTuLRak65Z3KfujPdvP4yhSPvwZ8suk3yMcTqwoAWrA2pQ94yI-w8tWhsTJR7en/s1600/pascapanen+tanaman+obat.jpg 
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah.
     
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa manfaat dan kegunaan dari Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan) bagi manusia?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
©  Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi teknik perbanyakan tanaman obat.
©  Peserta didik diminta untuk mengobservasi dan dan wawamcara budidaya tanaman obat seperti berikut.
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
©  Peseerta didik diminta untuk membuat tiga buah herbarium seperti berikut.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Praktik Budidaya Tanaman Obat dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
  
       
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Praktik Budidaya Tanaman Obat
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa saja penggunaan peralatan kerja untuk membuat suatu produk dan bagaimana cara menyelasaika (finishing) pembuatan produk dengan baik dan benar?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta  mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
©  Peserta didik diminta untuk mempraktikan budi daya tanaman obat seperti berikut.
      
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Praktik Budidaya Tanaman Obat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Praktik Budidaya Tanaman Obat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Praktik Budidaya Tanaman Obat
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Praktik Budidaya Tanaman Obat
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  :  Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag  dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
 https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTS2fPtk8Gh0FGT29E7O31QOVzweMv-UQ7VaHx60IZhZ0YsJv17Vw
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Hal apa saja yang perlu di perhatikan untuk Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag ?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

8. Pertemuan Ke-8  ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,  Pemeliharaan Tanaman Obat  Pada Lahan, dan Polybag
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang  : Modifikasi media tanam
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Modifikasi media tanam dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Modifikasi media tanam
©  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v  Mengamati
©  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
©  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan : Modifikasi media tanam
v  Mendengar
©  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Modifikasi media tanam
v  Menyimak,
©  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Modifikasi media tanam
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Modifikasi media tanam
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apa yang dimaksud dengan hidroponik?
©  Apa saja bahan, alat dan teknik yang di perlukan untuk hidroponik?
©  Apa yang dimaksud vertikultur?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
©  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : Modifikasi media tanam
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
©  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Modifikasi media tanam
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
©  Peserta didik diminta untuk mengamati media tanam yang terdapat pada gambar 3.16 berikut.
©  Peserta didik diminta mempraktikan uji kemampuan media mengikat air dengan tahapan seperti berikut.
©  Peserta didik secara berkelompok   diminta untuk mempraktikan percobaan uji aerasi seperti berikut.
 

©  Peserta didik diminta untuk mengamati tanaman dengan seksama seperti berikut.
©  Peserta didik diminta untuk melaporkan hasil  pengamatan yang di dapat selama masa pemeliharaan seperti berikut.
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  : Modifikasi media tanam
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Modifikasi media tanam
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Modifikasi media tanam
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Modifikasi media tanam
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Modifikasi media tanam
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Modifikasi media tanam
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
©  Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
©  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
©  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2)      Portofolio / unjuk kerja
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)
e.       Pertemuan Kelima (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut,
·      Jenis dan persyaratan tumbuh tanaman obat 
·      Pemeliharaan tanaman obat  pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya,
Peserta didik yang sangat tertarik pada budi daya tanaman obat dapat mencari Informasi melalui internet, studi pustaka, majalah tentang herb garden. Perlihatkan gambar-gambar landscape tentang herb garden.
Peserta didik dapat merancang apotek hidup atau toga seperti herb garden pada
contoh gambar di atas. Rancanglah sesuai impian dan kreativitas. Visualisasikan dalam
bentuk gambar.
F.     Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Media :
©  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
©  Lembar penilaian
©  Laboratorium komputer sekolah atau warnet
©  Perpustakaan sekolah
Ø  Alat/Bahan :
©  Penggaris, spidol, papan tulis
©  Laptop & infocus
©  Slde presentasi (ppt)
Ø  Sumber Belajar:
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


                                                                                     ……………, .................... 20.....

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran



……………………………………                             …………………………………….
NIP/NRK.                                                                   NIP/NRK.

No comments:

Post a Comment

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...