RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN/S
Mata
Pelajaran : Prakarya Budi daya
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi
Pokok :
Budidaya Tanaman Obat
Alokasi
Waktu : 16 JP
(8 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3
Memahami
komoditas tanaman obat yang dapat
dikembangkan sesuai
kebutuhan wilayah setempat Menentukan
komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
3.4
Memahami tahapan budidaya tanaman obat.
|
3.3.1
Menjelaskan konsep budidaya tanaman obat
3.3.2
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanaman obat diwilayah
setempat
3.3.3
Menyebutkan sarana produksi budidaya tanaman obat diwilayah setempat
3.3.4
Menjelaskan tahapan
produksi budidaya tanaman obat
3.4
3.4.1
Menjelaskan konsep Modifikasi
Media Tanam dan wadah tanam Tanaman Obat
3.4.2
Mengidentifikasi
jenis-jenis Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.3
Menyebutkan sarana produksi budidaya Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.4
Menjelaskan tekhnik
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.5
Menjelaskan tahapan
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.1.1
Menjelaskan tekhnik
produksi budidaya tanaman obat
|
4.3
Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.4
Mempraktikkan
tahapan budidaya tanaman obat.
|
1.
2.
3.
4.
4.1
1
1.1
4
4.2
4.3
4.3.1
Menentukan jenis tanamana obat yang akan di budidayakan.
4.3.2
Menyajikan
laporan hasil penentuan budidaya tanaman
obat yang akan di budidayakan.
1.1.1
4.4.1
Merancang
pembuatan Modifikasi Media Tanam Tanama obat.
4.4.2
Membuat, menguji, dan mempresentasikan
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat di
wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
·
Menyatakan pendapat tentang
keragaman komoditas tanaman obat sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa
syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
·
Mengidentifikasi jenis,
sarana produksi, dan tahapan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah
setempat.
·
Merancang kegiatan budi daya
tanaman obat dan menyusun komposisi media tanam berdasarkan orisinalitas ide
yang jujur terhadap diri sendiri.
·
Melaksanakan dan
mempresentasikan kegiatan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah setempat.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
·
Pengertian
tanaman obat
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
·
Sarana
produksi budidaya tanaman obat
·
Tahapan budidaya tanaman obat
·
(persiapan lahan, pemupukan, pengendalian
hama penyakit,pemeliharaan, pemanenan)
·
Praktik budidaya
tanaman obat
·
Pemeliharaan tanaman
obat pada
lahan, polybag atau modifikasi media tanam
2. Materi pembelajaran remedial
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
·
Pemeliharaan tanaman
obat pada
lahan, polybag atau modifikasi media tanam
3. Materi pembelajaran pengayaan
Peserta didik dapat
merancang apotek hidup atau toga seperti herb garden pada contoh gambar di
atas. Rancanglah sesuai impian dan kreativitas. Visualisasikan dalam
bentuk gambar.
E.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Pengertian Tanaman Obat
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Pengertian Tanaman Obat dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang :
Pengertian Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di
bawah ini :
v Mengamati
Menayangkan
gambar/foto tentang Pengertian Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Pengertian Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Pengertian Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Pengertian Tanaman Obat.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pengertian Tanaman Obat
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa yang dimaksud dengan tanaman
obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
:
Pengertian Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pengertian Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati lebih jauh tanaman sayuran pada ganbar
dilihat dari bentuk, warna dan yang lainya seperti berikut.
v Mendiskusikan.
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Pengertian Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Pengertian Tanaman Obat
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai Pengertian Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan Pengertian Tanaman Obat
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Tanaman Obat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Tanaman Obat
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Pengertian
Tanaman Obat
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Jenis-jenis
Tanaman Obat
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis-jenis Tanaman Obat dengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Jenis-jenis Tanaman Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Jenis-jenis Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Terdiri dari apa saja teknik untuk
membuat sketsa dan gambar?
© Hal apa saja yang perlu diperhatikan
tentang keselamatan kerja?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara dengan
nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber
tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik secara berkelompok diminta untuk untuk berdiskusi dan
mengidentifikasi tanaman obat seperti berikut
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Jenis-jenis Tanaman Obat
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Jenis-jenis Tanaman Obat
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Persyaratan
Tumbuh Tanaman Obat dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah :
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Persyaratan Tumbuh
Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Persyaratan Tumbuh
Tanaman Obat
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja persyaratan tumbuh
setiap jenis tanaman obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman
Obat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat yang sudah dikumpulkan
/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis,Sifat, Fungsi, Karakteristik,
dan Kekuatan Bahan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Persyaratan Tumbuh
Tanaman Obat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
©
Peserta didik diminta untuk mencari informasi dari
berbagai sumber kemudian membuat kartu bergambar berisi informasi deskripsi
tanaman obat seperti berikut.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Sarana Produksi Tanaman Obat
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Sarana Produksi
Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Sarana Produksi Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Sarana Produksi
Tanaman Obat
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja bahan dan alat untuk memproduksi tanaman obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Sarana Produksi Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Sarana Produksi Tanaman Obat
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Sarana Produksi Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Sarana
Produksi Tanaman Obat
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Sarana Produksi Tanaman
Obat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan,
Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan
Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan,
Pemanenan)
dengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Tahapan
Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian
Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru seperti gambar di bawah.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Tahapan Budidaya
Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Tahapan Budidaya
Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama
Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa manfaat dan kegunaan dari
Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan,
Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan) bagi manusia?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan,
Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam,
Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik diminta untuk mengidentifikasi teknik perbanyakan tanaman obat.
©
Peserta
didik diminta untuk mengobservasi dan dan wawamcara budidaya tanaman obat
seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat
(Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Tahapan Budidaya Tanaman Obat
(Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Tahapan Budidaya
Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama
Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Tahapan Budidaya
Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama
Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat
(Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
©
Peseerta didik diminta untuk membuat tiga buah
herbarium seperti berikut.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Tahapan
Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian
Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Praktik Budidaya Tanaman Obat
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Praktik Budidaya Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja penggunaan peralatan kerja
untuk membuat suatu produk dan bagaimana cara menyelasaika (finishing)
pembuatan produk dengan baik dan benar?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik diminta untuk mempraktikan budi daya tanaman obat seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Praktik Budidaya Tanaman Obat
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Praktik Budidaya Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Praktik
Budidaya Tanaman Obat
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
7. Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Praktik
Budidaya Tanaman Obat
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pemeliharaan Tanaman
Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pemeliharaan Tanaman
Obat Pada Lahan, dan Polybag
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Hal apa saja yang perlu di
perhatikan untuk Pemeliharaan
Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Pemeliharaan Tanaman Obat Pada
Lahan, dan Polybag
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat
Pada Lahan, dan Polybag
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Pemeliharaan Tanaman Obat
Pada Lahan, dan Polybag
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Pemeliharaan Tanaman Obat Pada
Lahan, dan Polybag
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pemeliharaan Tanaman
Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
8. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang :
Modifikasi
media tanam
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Modifikasi media tanam
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Modifikasi media tanam
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan : Modifikasi media tanam
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Modifikasi media tanam
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Modifikasi media tanam
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Modifikasi media tanam
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa yang dimaksud dengan hidroponik?
© Apa saja bahan, alat dan teknik yang
di perlukan untuk hidroponik?
© Apa yang dimaksud vertikultur?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Modifikasi media tanam
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Modifikasi media tanam
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati media tanam yang terdapat pada gambar 3.16
berikut.
©
Peserta
didik diminta mempraktikan uji kemampuan media mengikat air dengan tahapan
seperti berikut.
©
Peserta
didik secara berkelompok diminta
untuk mempraktikan percobaan uji aerasi seperti berikut.
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati tanaman dengan seksama seperti berikut.
©
Peserta
didik diminta untuk melaporkan hasil
pengamatan yang di dapat selama masa pemeliharaan seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang : Modifikasi media tanam
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data : Modifikasi media tanam
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kerja.
v Pesertadidik
mengerjakan beberapa soal mengenai : Modifikasi media tanam
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Modifikasi media tanam
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Modifikasi media tanam
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Modifikasi media tanam
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1) Tes
Tertulis
a) Pilihan
ganda
b) Uraian/esai
2) Tes
Lisan
©
Tes
lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
©
Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
©
Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
v
Remidial dapat diberikan kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v
Guru memberi semangat kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan
tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan
Minimal), misalnya sebagai berikut,
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
· Pemeliharaan
tanaman obat pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
b.
Pengayaan
v
Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak
ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya,
Peserta didik yang sangat tertarik pada budi daya tanaman obat
dapat mencari Informasi melalui internet, studi pustaka, majalah tentang herb garden. Perlihatkan
gambar-gambar landscape tentang
herb garden.
Peserta
didik dapat merancang apotek hidup atau toga seperti herb garden pada
contoh
gambar di atas. Rancanglah sesuai impian dan kreativitas. Visualisasikan dalam
bentuk
gambar.
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
©
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar penilaian
©
Laboratorium komputer sekolah
atau warnet
©
Perpustakaan sekolah
Ø
Alat/Bahan :
©
Penggaris, spidol, papan tulis
©
Laptop & infocus
©
Slde presentasi (ppt)
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
……………,
.................... 20.....
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment