RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN/S
Mata
Pelajaran : Prakarya
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi
Pokok :
Kerajinan Bahan Limbah Lunak
Alokasi
Waktu : 16 JP (8 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3
Memahami pengetahuan tentang
jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran.
3.4
Memahami pengetahuan tentang prinsip
perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan
plastik lembaran yang kreatif dan inovatif.
|
3.3.1
Menjelaskan jenis kertas dan pelastik.
3.3.2
Mendeskripsilan sifat kertas dan plastik.
3.3.3
Mendeskripsikan karakter sifat kertas dan plastik.
3.3.4
Menjelaskan teknik pengelohan sifat kertas dan plastik.
3
3.2
3.3
3.4
3.4.1
Menjelaskan Jenis alat dan kegunaan
perancangan kerajinan kertas dan pelastik
3.4.2
Mendeskripsikan teknik dan langkah-langkah pembuatan kerajinan kertas
dan pelastik.
3.4.3
Mendeskripsikan teknik penyajian kerajinan kertas dan pelastik
|
4.3
Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan
kertas/plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah setempat.
4.4
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan
kertas/plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi
daerah setempat.
|
1.
2.
3.
4.
4.1
1
1.1
4
4.1
4.2
4.3
4.3.1
Memilih bahan sifat kertas dan plastik.
4.3.2
Menentukan teknik pengolahan
bahan kertas dan plastik.
4.3.3
Menyajikan hasil dan
menentukan teknik pengolahan
kertas dan plastik.
4
4.1
4.2
4.3
4.4
4.4.1
Membuat rancangan produk kerajinan kertas dan pelastik
4.4.2
Membuat produk kerajinan kertas dan plastik.
4.4.3
Menyajikan hasil kerajinan produk kertas dan plastik.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat :
·
Menyatakan pendapat tentang
keragaman karya kerajinan dari bahan limbah lunak sebagai ungkapan rasa bangga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
dan bangsa,
·
Memahami pengertian,
sejarah, jenis, sifat, dari karakteristik dari bahan limbah lunak berdasarkan
rasa ingin tahu dan peduli lingkungan,
·
Memahami teknik pengolahan,
prinsip perancangan, prosedur pembuatan dan penyajian/kemasan bahan limbah
lunak berdasarkan karakter yang dapat
dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat,
·
Merancang, membuat, menguji
dan meng komunikasikan produk kerajinan bahan limbah lunak daerah setempat berdasarkan teknik dan
prosedur yang tepat berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri
sendiri, dengan disiplin dan tanggung
jawab.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
·
Jenis kertas dan plastik
·
Sifat kertas dan plastik
·
Karakter kertas dan plastik
·
Teknik pengolahan kertas dan plastik
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah- langkah pembuatan
·
Teknik penyajian
·
Pembuatan rancangan produk kerajinan
2. Materi pembelajaran remedial
·
Teknik pengolahan kertas dan plastik
·
Teknik dan langkah- langkah pembuatan
3. Materi pembelajaran pengayaan
·
Peserta didik
mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang sumber daya bahan lunak organik
sebagai kerajinan dan juga teknik pembuatannya yang ada di wilayah setempat.
melalui internet, studi pustaka, majalah, surat kabar, bahkan observasi
langsung pada pusat pembuatan kerajinan bahan limbah lunak organik.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang : Jenis Kertas dan Plastik
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Jenis Kertas dan Plastik dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto
tentang : Jenis Kertas dan Plastik
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di
bawah ini :
v Mengamati
Menayangkan
gambar/foto tentang Jenis Kertas dan Plastik
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru yang terdapat pada buku siswa seperti berikut ini.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Jenis Kertas dan Plastik
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Jenis Kertas dan Plastik
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Jenis Kertas dan Plastik.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis Kertas dan Plastik
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja jenis-jenis kertas dan plastik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
:
Jenis Kertas dan Plastik
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis Kertas dan Plastik
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan.
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Jenis Kertas dan Plastik
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Jenis Kertas dan Plastik
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal
mengenai Jenis Kertas dan Plastik
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan Jenis Kertas dan Plastik
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Jenis Kertas dan Plastik
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Jenis Kertas dan Plastik
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis Kertas dan
Plastik
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Sifat
Kertas dan Plastik
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Sifat Kertas dan Plastik dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Sifat Kertas dan Plastik dan Keselamatan
kerja Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Sifat Kertas dan Plastik
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Sifat Kertas dan Plastik
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Sifat Kertas dan Plastik
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Sifat Kertas dan Plastik yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa saja sifat-sifat dari
kertas dan plastic?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber
tentang : Sifat Kertas dan Plastik
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Sifat Kertas dan Plastik
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Sifat Kertas dan Plastik
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Sifat Kertas dan Plastik
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Sifat Kertas dan Plastik
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Sifat Kertas dan Plastik
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Sifat Kertas dan Plastik
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
: Sifat Kertas dan Plastik
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Sifat Kertas dan Plastik
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Karakter Kertas dan Plastik
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang
akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Karakter Kertas dan Plastik dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Karakter Kertas dan Plastik
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah :
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan :Karakter Kertas dan
Plastik
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi :Karakter Kertas dan Plastik
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :Karakter Kertas dan Plastik
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Karakter Kertas
dan Plastik
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja karakteristik dari
kertas dan plastik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Karakter Kertas dan
Plastik
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Karakter Kertas dan Plastik
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Karakter Kertas dan Plastik dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Karakter Kertas dan Plastik yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai :
Jenis,Sifat, Fungsi, Karakteristik, dan Kekuatan Bahan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
Karakter Kertas dan Plastik
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Karakter
Kertas dan Plastik
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Karakter Kertas dan
Plastik
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Karakter Kertas dan Plastik
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Teknik pengolahan kertas dan
plastik
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Teknik
pengolahan kertas dan plastik
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Teknik pengolahan kertas dan plastik
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Teknik pengolahan kertas dan plastik
v Mendengar
©
Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Teknik pengolahan
kertas dan plastik
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Teknik pengolahan kertas dan plastik
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Teknik pengolahan
kertas dan plastik
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja teknik-teknik untuk pengolahan limbah
kertas dan plastic menjadi suatu kerajinan?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Teknik pengolahan kertas dan plastik
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
: Teknik pengolahan kertas dan plastik
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Teknik pengolahan kertas dan plastik
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Teknik pengolahan kertas dan
plastik
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Teknik
pengolahan kertas dan plastik
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Teknik pengolahan kertas dan plastik
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Teknik pengolahan kertas dan plastik
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Teknik pengolahan kertas dan plastik
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
5.
Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Teknik pengolahan kertas dan
plastik
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Jenis Alat dan Kegunaannya
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis Alat dan Kegunaannya
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Jenis
Alat dan Kegunaannya
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Jenis Alat dan Kegunaannya
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Jenis
Alat dan Kegunaannya
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Jenis Alat dan Kegunaannya
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis Alat dan
Kegunaannya
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja jenis-jenis alat dan
kegunaan untuk pembuatan kerajinan dari limbah kertas dan plastic?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan
nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Jenis Alat dan Kegunaannya
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis Alat dan Kegunaannya
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Jenis Alat dan Kegunaannya
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Jenis Alat dan Kegunaannya
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis
Alat dan Kegunaannya
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Jenis Alat dan Kegunaannya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Jenis Alat dan Kegunaannya
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Jenis Alat dan Kegunaannya
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
6.
Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis Alat dan Kegunaannya
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Praktik Budidaya Tanaman
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Teknik dan
Langkah- langkah Pembuatan
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Teknik
dan Langkah- langkah Pembuatan
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Teknik dan
Langkah- langkah Pembuatan
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Teknik dan langkah apa saja
yang di perlukan untuk membuat kerajinan atau produk dari bahan kertas dan
plastic?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya
dengan membaca buku referensi tentang : Teknik dan Langkah- langkah
Pembuatan
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Teknik dan Langkah- langkah
Pembuatan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Teknik dan Langkah- langkah
Pembuatan
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Teknik
dan Langkah- langkah Pembuatan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
7.
Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Teknik dan Langkah- langkah Pembuatan
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Teknik penyajian
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Teknik
Penyajian dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Teknik
Penyajian
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Teknik penyajian
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Teknik
Penyajian
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Teknik Penyajian
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Teknik Penyajian
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Hal apa saja yang perlu di
perhatikan untuk Teknik Penyajian ?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Teknik Penyajian
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Teknik Penyajian
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Teknik Penyajian
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Teknik Penyajian
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Teknik
Penyajian
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Teknik Penyajian
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Teknik Penyajian
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Teknik Penyajian
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
8.
Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Teknik Penyajian
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Pembuatan
Rancangan Produk Kerajinan
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pembuatan
Rancangan Produk Kerajinan
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pembuatan
Rancangan Produk Kerajinan
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Bagaimana cara merancang
pembuatan kerajinan dari bahan kertas dan plastik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Pembuatan Rancangan Produk
Kerajinan
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Pembuatan
Rancangan Produk Kerajinan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Pembuatan Rancangan Produk Kerajinan
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut,
·
Remedial
dilakukan untuk peserta didik yang memiliki tempo kerja lambat atau karena
jarang hadir sebab sakit atau berhalangan di sekolah saat pelajaran Prakarya
dilakukan. Peserta didik seperti ini memerlukan bimbingan yang saksama terutama
dalam teknik dan proses pembuatan produk kerajinan bahan limbah lunak organic dan anorganik.
Tanyakan pada peserta didik hal-hal yang belum mereka pahami seputar pembuatan
kerajinan bahan limbah lunak
organik. Pertemuan dapat dilakukan di
luar jam pelajaran sebagai bagian dari pelayanan sekolah.
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya,
·
Peserta
didik yang sangat tertarik pada bidang pembuatan
kerajinan bahan lunak organic dan
anorganik ini dapat mengembangkan
kerajinan bahan limbah lunak organik
lainnya yang belum dilakukan. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang sumber
daya bahan lunak organik sebagai kerajinan dan juga teknik pembuatannya yang
ada di wilayah setempat. Informasi dapat dicari melalui internet, studi
pustaka, majalah, surat kabar, bahkan observasi langsung pada pusat pembuatan
kerajinan bahan limbah lunak organik.
Hal ini dilakukan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman peserta didik.
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
©
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar penilaian
©
Laboratorium
komputer sekolah atau warnet
©
Perpustakaan
sekolah
Ø
Alat/Bahan :
©
Penggaris,
spidol, papan tulis
©
Laptop &
infocus
©
Slde presentasi
(ppt)
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
……………,
.................... 20.....
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment