RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN/S
Mata
Pelajaran : Prakarya Kerajinan
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi
Pokok :
Kerajinan Bahan Serat
Alokasi
Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Memahami
pengetahuan tentang jenis, sifat,
karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil.
3.2
Memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan
serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif
|
3.1.1
Menjelaskan jenis serat.
3.1.2
Mendeskripsikan sifat serat.
3.1.3
Mendeskripsikan karakter serat.
3.1.4
Menjelaskan teknik pengelohan serat.
3.2.1
Menjelaskan Jenis alat dan kegunaan
perancangan kerajinan bahan serat.
3.2.2
Mendeskripsikan teknik dan langkah-langkah pembuatan kerajinan bahan
serat.
3.2.3
Mendeskripsikan teknik penyajian kerajinan bahan serat.
|
4.1.
Membuat karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang
ada di wilayah setempat
4.2.
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari
bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah
setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali
plastik dan lain-lain)
|
1.
2.
3.
4.
4.1
4.1.1
Memilih bahan serat.
4.1.2
Menentukan teknik pengolahan
bahan serat.
4.1.3
Menyajikan hasil dan
menentukan teknik pengolahan
bahan dan serat
4.2.1
Membuat rancangan produk kerajinan bahan serat.
4.2.2
Membuat produk kerajinan bahan serat.
4.2.3
Menyajikan hasil kerajinan produk bahan serat.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan
setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyatakan pendapat tentang keragaman
karya kerajinan dari bahan serat sebagai ungkapan rasa bangga sebagai wujud
rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa,
·
Memahami pengertian, sejarah, jenis,
sifat, dari karakteristik dari bahan serat berdasarkan rasa ingin tahu dan
peduli lingkungan,
·
Memahami teknik pengolahan, produk dan
prosedur pembuatan serta kemasan bahan serat berdasarkan karakter yang dapat
dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat,
·
Merancang, membuat, menguji dan meng
komunikasikan produk kerajinan bahan serat daerah setempat berdasarkan teknik
dan prosedur yang tepat berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri, dengan
disiplin dan tanggung jawab.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
·
Jenis serat
·
Sifat serat
·
Karakter serat
·
Teknik pengolahan serat.
2.
Materi pembelajaran remedial
·
Teknik pengolahan serat.
3.
Materi pembelajaran pengayaan
·
Peserta didik mengembangkan kerajinan
bahan serat lainnya yang belum dilakukan. Cari informasi sebanyak-banyaknya
tentang sumber daya bahan dasar serat tumbuhan atau hewan sebagai kerajinan dan
juga teknik pembuatannya yang ada di wilayah setempat. Informasi dapat dicari
melalui internet, studi pustaka, majalah, surat kabar, bahkan observasi
langsung pada pusat pembuatan kerajinan bahan serat.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang : Jenis Serat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis Serat dengan cara :
- Melihat (tanpa atau dengan
alat)/Menayangkan gambar/foto tentang : Jenis Serat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di
bawah ini :
v Mengamati
Menayangkan
gambar/foto tentang Jenis Serat
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru seperti gambar di bawah ini :
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Jenis Serat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Jenis Serat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Jenis Serat.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis Serat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja jenis-jenis bahan
serat alam?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
:
Jenis Serat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis Serat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
© Peserta didik diminta untuk
Mengobservasi Bahan Serat dengan menggunakan tabel Lembar Kerja berikut.
v Mendiskusikan, tentang Jenis Serat
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Jenis Serat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data : Jenis Serat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal
mengenai Jenis Serat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan Jenis Serat
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Jenis Serat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Jenis Serat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis Serat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Sifat
serat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang
akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic Sifat serat dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Sifat serat Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Sifat serat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Sifat serat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Sifat serat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Sifat serat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja karakteristik atau
sifat bahan serat alam?
© Apa saja karakteristik atau
sifat kerajinan tekstil?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber
tentang : Sifat serat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Sifat serat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Sifat serat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data : Sifat serat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Sifat serat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Sifat serat
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Sifat serat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
: Sifat serat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Sifat serat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Karakter Serat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic Karakter Serat
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Karakter Serat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah :
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Karakter Serat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi : Karakter Serat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Karakter Serat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Karakter Serat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Alat apa saja karakterisitk
bahan serat alam?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Karakter
Serat
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Karakter Serat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang :
Karakter Serat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data: Karakter Serat yang sudah dikumpulkan
/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Karakter
Serat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Karakter Serat
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Karakter Serat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Karakter Serat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Karakter Serat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Teknik Pengolahan Serat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic Teknik Pengolahan Serat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang : Teknik
Pengolahan Serat
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Teknik Pengolahan Serat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Teknik Pengolahan Serat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Teknik Pengolahan Serat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Teknik Pengolahan
Serat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja teknik untuk mengolah
bahan serat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Teknik Pengolahan Serat
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Teknik Pengolahan Serat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Teknik Pengolahan Serat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data : Teknik Pengolahan Serat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Teknik
Pengolahan Serat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Teknik Pengolahan Serat
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Teknik Pengolahan Serat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Teknik Pengolahan Serat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen
Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
e. Pertemuan Kelima (Terlampir)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut,
·
Remedial dilakukan untuk peserta didik
yang memiliki tempo kerja lambat atau karena jarang hadir sebab sakit atau
berhalangan di sekolah saat pelajaran Prakarya dilakukan. Peserta didik seperti
ini memerlukan bimbingan yang saksama terutama dalam teknik dan proses
pembuatan produk kerajinan bahan serat. Tanyakan pada peserta didik hal-hal
yang belum mereka pahami seputar pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan atau
hewan. Pertemuan dapat dilakukan di luar
jam pelajaran sebagai bagian dari pelayanan sekolah.
·
Peserta didik yang memiliki kelemahan di
bidang keterampilan tidak perlu dipaksa untuk membuat produk yang sesuai
tuntutan. Berikan kesempatan mereka untuk membuat semampunya. Tentunya guru
dapat memberi nilai dan deskripsi sewajarnya sesuai dengan kemampuan peserta
didik. Lakukan remedial jika diperlukan di luar jam pelajaran agar peserta
didik tumbuh minat berkarya kerajinan bahan serat. Mintalah bantuan orang tua
dalam membimbing peserta didik tersebut di rumah.
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya,
·
Peserta didik yang sangat tertarik pada
bidang pembuatan kerajinan bahan serat ini dapat mengembangkan kerajinan bahan
serat lainnya yang belum dilakukan. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang
sumber daya bahan dasar serat tumbuhan atau hewan sebagai kerajinan dan juga
teknik pembuatannya yang ada di wilayah setempat. Informasi dapat dicari
melalui internet, studi pustaka, majalah, surat kabar, bahkan observasi
langsung pada pusat pembuatan kerajinan bahan serat. Hal ini dilakukan untuk
memperluas pengetahuan dan pengalaman peserta didik
F.
Media, Alat, Bahan dan Sumber
Pembelajaran
Ø Media :
©
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar
penilaian
©
Laboratorium
komputer sekolah atau warnet
©
Perpustakaan
sekolah
Ø Alat/Bahan :
©
Penggaris,
spidol, papan tulis
©
Laptop &
infocus
©
Slde presentasi
(ppt)
Ø
Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
……………,
.................... 20.....
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment