RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN/S
Mata
Pelajaran : Prakarya Budi daya
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi
Pokok :
Budidaya Tanaman Obat
Alokasi
Waktu : 16 JP
(8 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3
Memahami komoditas
tanaman obat yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat Menentukan komoditas tanaman obat yang akan
dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
3.4
Memahami tahapan budidaya tanaman obat.
|
3.3.1
Menjelaskan konsep budidaya tanaman obat
3.3.2
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanaman obat diwilayah
setempat
3.3.3
Menyebutkan sarana produksi budidaya tanaman obat diwilayah setempat
3.3.4
Menjelaskan tahapan
produksi budidaya tanaman obat
3.4
3.4.1
Menjelaskan konsep Modifikasi Media Tanam dan wadah tanam
Tanaman Obat
3.4.2
Mengidentifikasi
jenis-jenis Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.3
Menyebutkan sarana produksi budidaya Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.4
Menjelaskan tekhnik
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.4.5
Menjelaskan tahapan
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat
3.1.1
Menjelaskan tekhnik
produksi budidaya tanaman obat
|
4.3 Menentukan
komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah.
4.4 Mempraktikkan
tahapan budidaya tanaman obat.
|
1.
2.
3.
4.
4.1
1
1.1
4
4.2
4.3
4.3.1
Menentukan jenis tanamana obat yang akan di budidayakan.
4.3.2
Menyajikan laporan hasil penentuan budidaya
tanaman obat yang akan di budidayakan.
1.1.1
4.4.1
Merancang pembuatan Modifikasi Media Tanam Tanama obat.
4.4.2
Membuat, menguji, dan mempresentasikan
Modifikasi Media Tanam Tanaman obat di
wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat :
·
Menyatakan pendapat tentang
keragaman komoditas tanaman obat sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa
syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
·
Mengidentifikasi jenis, sarana
produksi, dan tahapan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah setempat.
·
Merancang kegiatan budi daya
tanaman obat dan menyusun komposisi media tanam berdasarkan orisinalitas ide
yang jujur terhadap diri sendiri.
·
Melaksanakan dan
mempresentasikan kegiatan budi daya tanaman obat yang ada di wilayah setempat.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
·
Pengertian
tanaman obat
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
·
Sarana produksi
budidaya tanaman obat
·
Tahapan budidaya tanaman obat
·
(persiapan lahan, pemupukan, pengendalian
hama penyakit,pemeliharaan, pemanenan)
·
Praktik budidaya tanaman obat
·
Pemeliharaan tanaman obat pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
2. Materi pembelajaran remedial
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
·
Pemeliharaan tanaman obat pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
3. Materi pembelajaran pengayaan
Peserta didik dapat merancang apotek hidup atau toga seperti
herb garden pada contoh gambar di atas. Rancanglah sesuai impian dan
kreativitas. Visualisasikan dalam bentuk gambar.
E. Langkah-langkahPembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas
VI
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang : Pengertian Tanaman Obat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Pengertian Tanaman Obat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto
tentang : Pengertian Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di
bawah ini :
v Mengamati
Menayangkan
gambar/foto tentang Pengertian Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yang ingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Pengertian Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Pengertian Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
Pengertian Tanaman Obat.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pengertian Tanaman Obat
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa yang dimaksud dengan
tanaman obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
:
Pengertian Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pengertian Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati lebih jauh tanaman sayuran pada ganbar
dilihat dari bentuk, warna dan yang lainya seperti berikut.
v Mendiskusikan.
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Pengertian Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Pengertian Tanaman Obat
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Pengertian Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan Pengertian Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Pengertian Tanaman Obat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang Pengertian Tanaman Obat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Pengertian
Tanaman Obat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Jenis-jenis
Tanaman Obat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Jenis-jenis Tanaman Obat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Jenis-jenis Tanaman Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan
gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada
buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
: Jenis-jenis Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Terdiri dari apa saja teknik
untuk membuat sketsa dan gambar?
© Hal apa saja yang perlu
diperhatikan tentang keselamatan kerja?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara dengan
nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber
tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
©
Peserta
didik secara berkelompok diminta untuk untuk berdiskusi dan
mengidentifikasi tanaman obat seperti berikut
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Jenis-jenis Tanaman Obat
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Jenis-jenis Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Jenis-jenis Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Jenis-jenis Tanaman Obat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Jenis-jenis Tanaman Obat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Persyaratan
Tumbuh Tanaman Obat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah :
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
© Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan : Persyaratan Tumbuh
Tanaman Obat
v Mendengar
© Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Persyaratan
Tumbuh Tanaman Obat
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja persyaratan tumbuh
setiap jenis tanaman obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Persyaratan Tumbuh Tanaman
Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Persyaratan
Tumbuh Tanaman Obat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai :
Jenis,Sifat, Fungsi, Karakteristik, dan Kekuatan Bahan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Persyaratan Tumbuh Tanaman Obat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
© Peserta
didik diminta untuk mencari informasi dari berbagai sumber kemudian membuat
kartu bergambar berisi informasi deskripsi tanaman obat seperti berikut.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Persyaratan Tumbuh Tanaman
Obat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Sarana
Produksi Tanaman Obat dengan cara
:
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Sarana
Produksi Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Sarana Produksi Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Sarana Produksi
Tanaman Obat
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja bahan dan alat untuk memproduksi tanaman obat?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Sarana Produksi Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Sarana Produksi Tanaman Obat
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Sarana
Produksi Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Sarana Produksi Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Sarana Produksi Tanaman Obat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
5.
Pertemuan Ke-5 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Sarana Produksi Tanaman Obat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Tahapan Budidaya Tanaman
Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan
Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan,
Pemanenan)
dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Tahapan
Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian
Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru seperti gambar di bawah.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan
Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan,
Pemanenan)
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Tahapan
Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian
Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Tahapan Budidaya
Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama
Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang
hayat. Misalnya :
© Apa manfaat dan kegunaan dari
Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan,
Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan) bagi manusia?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan,
Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam,
Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
©
Peserta
didik diminta untuk mengidentifikasi teknik perbanyakan tanaman obat.
©
Peserta
didik diminta untuk mengobservasi dan dan wawamcara budidaya tanaman obat
seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat
(Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Tahapan Budidaya Tanaman Obat
(Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit,
Pemeliharan, Pemanenan)
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Tahapan
Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian
Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan
Lahan/Media Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan,
Pemanenan)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media Tanam,
Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
© Peseerta
didik diminta untuk membuat tiga buah herbarium seperti berikut.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
6.
Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Tahapan Budidaya Tanaman Obat (Persiapan Lahan/Media
Tanam, Pemupukan, Pengendalian Hama Penyakit, Pemeliharan, Pemanenan)
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Praktik Budidaya Tanaman
Obat
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Praktik
Budidaya Tanaman Obat dengan cara
:
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
© Peserta didik diminta untuk
mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati
gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Praktik
Budidaya Tanaman Obat
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Praktik Budidaya Tanaman Obat
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apa saja penggunaan peralatan
kerja untuk membuat suatu produk dan bagaimana cara menyelasaika
(finishing) pembuatan produk dengan baik dan benar?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Praktik Budidaya
Tanaman Obat
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
©
Peserta
didik diminta untuk mempraktikan budi daya tanaman obat seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Praktik Budidaya Tanaman Obat
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Praktik
Budidaya Tanaman Obat
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Praktik Budidaya Tanaman Obat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Praktik Budidaya Tanaman Obat
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
7.
Pertemuan Ke-7 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Praktik Budidaya Tanaman Obat
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag dengan cara
:
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti berikut.
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan :
Pemeliharaan Tanaman Obat Pada
Lahan, dan Polybag
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pemeliharaan
Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Hal apa saja yang perlu di
perhatikan untuk Pemeliharaan
Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara dengan
nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Pemeliharaan Tanaman Obat Pada
Lahan, dan Polybag
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat
Pada Lahan, dan Polybag
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan
cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat
orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai :
Pemeliharaan Tanaman Obat Pada
Lahan, dan Polybag
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Pemeliharaan Tanaman Obat
Pada Lahan, dan Polybag
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
8.
Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, Pemeliharaan
Tanaman Obat Pada Lahan, dan Polybag
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang :
Modifikasi
media tanam
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Modifikasi
media tanam dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang : Modifikasi media tanam
© Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar
dibawah
v Mengamati
© Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru.
© Berdasarkan
hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui.
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung),
©
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan : Modifikasi media tanam
v Mendengar
©
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Modifikasi
media tanam
v Menyimak,
© Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Modifikasi media tanam
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Modifikasi media
tanam
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
© Apa yang dimaksud dengan
hidroponik?
© Apa saja bahan, alat dan teknik
yang di perlukan untuk hidroponik?
© Apa yang dimaksud vertikultur?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
© Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Modifikasi media tanam
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
© Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang : Modifikasi media tanam
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati media tanam yang terdapat pada gambar 3.16
berikut.
©
Peserta
didik diminta mempraktikan uji kemampuan media mengikat air dengan tahapan
seperti berikut.
©
Peserta
didik secara berkelompok diminta
untuk mempraktikan percobaan uji aerasi seperti berikut.
©
Peserta
didik diminta untuk mengamati tanaman dengan seksama seperti berikut.
©
Peserta
didik diminta untuk melaporkan hasil
pengamatan yang di dapat selama masa pemeliharaan seperti berikut.
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang : Modifikasi media tanam
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data : Modifikasi media tanam
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai :
Modifikasi media tanam
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Modifikasi media tanam
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang : Modifikasi media tanam
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang : Modifikasi media tanam
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Mengagendakan projek yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan
Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan
Kelima (Terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut,
·
Jenis dan
persyaratan tumbuh tanaman obat
· Pemeliharaan
tanaman obat pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya,
Peserta didik yang sangat tertarik pada budi daya tanaman obat
dapat mencari Informasi melalui internet, studi pustaka, majalah tentang herb garden. Perlihatkan
gambar-gambar landscape tentang
herb garden.
Peserta
didik dapat merancang apotek hidup atau toga seperti herb garden pada
contoh
gambar di atas. Rancanglah sesuai impian dan kreativitas. Visualisasikan dalam
bentuk
gambar.
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
©
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar
penilaian
©
Laboratorium
komputer sekolah atau warnet
©
Perpustakaan
sekolah
Ø
Alat/Bahan :
©
Penggaris,
spidol, papan tulis
©
Laptop &
infocus
©
Slde presentasi
(ppt)
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
……………,
.................... 20.....
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment