Friday, 29 November 2019

RPP PRAKARYA KLS 9 SEMESTER 2 REKAYASA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                                     :  SMP .............................
Mata Pelajaran                        : PRAKARYA
Kelas/Semester                         : IX/Genap
Materi Pokok                           :  Model Bangunan Instalasi Listrik
Alokasi Waktu                          : 4 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40 Menit  

A.   Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.       Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar
1.1   Menghayati keberagaman produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2   Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3   Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir
3.3   Memahami prosedur konstruksi instalasi listrik
4.3   Membuat model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi berdasarkan kondisi di daerah setempat dan daerah lain

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1       Menunjukan sikap syukur keberagaman produk rekayasa di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.1.1       Menunjukan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman karya rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2.1       Menunjukan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat karya rekayasa
2.3.1       Menunjukan perilaku, percaya diri, dalam merancang dan membuat karya rekayasa
2.3.2       Menunjukkan kemauan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat karya rekayasa dengan memperhatikan estetika produk akhir
3.3.1       Menjelaskan prosedur konstruksi instalasi listrik
3.3.2       Mendeskrifsikan wawasan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
3.3.3       Mengidentifikasi jenis model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi mekanik dan manfaatnya
3.3.4       Mengidentifikasi bahan, alat, teknik dan proses pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
3.3.5       Memahami cara penyajian dan pengujian model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
4.3.1       Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam
4.3.2       Melakukan diskusi tentang aneka produk yang berkaitan dengan manfaat alat, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
4.3.3       Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi,  bahan dasar dari alam,  alat , teknik dan prosedur pembuatan produk rekayasa sederhana dengan teknologi mekanik
4.3.4       Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi dan penyajiannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
4.3.5       Membuat  model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

D.   Materi Pembelajaran
v  Model bangunan instalasi listrik dengan teknologi konstruksi, meliputi:
v  Wawasan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
v  Jenis model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi mekanik dan manfaatnya
v  Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
v  Penyajian dan pengujian model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi

E.   Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Model bangunan dengan teknologi konstruksi
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
  
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang berhubungan dengan
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
   
Ø  Peserta didik diminta mengamati bentuk, tekstur, warna dan kandungan yang terdapat dalam bahan olahan pangan
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-          Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
-          Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik diminta jenis-jenis rangkaian listrik yang ada di rumahmu. Tanyakan dengan santun kepada keluargamu tentang bagian-bagian dari  rangkaian listrik tersebut serta fungsinya
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok tentang  nama rangkaian listrik, bagianbagian dari rangkaian listriknya serta fungsi bagian-bagian dari rangkaian listrik tersebut!!
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke- 2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Instalasi Listrik di Rumah Tinggal
Ø  Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang berhubungan dengan
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
  
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
Ø  Peserta didik diminta mengunjungi  tukang listrik di lingkungan sekitarmu! (boleh dari  sumber bacaan atau berdasarkan pengalaman setiap anggota  kelompok).
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-          Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Aktivitas :
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok tentang cara penggunaan peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

3. Pertemuan Ke- 3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Peralatan untuk Instalasi Listrik
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang berhubungan dengan
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
Ø  Peserta didik diminta mengunjungi  tukang listrik di lingkungan sekitarmu! (boleh dari  sumber bacaan atau berdasarkan pengalaman setiap anggota  kelompok).
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mempresentasikan ulang
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan  tentang
-          Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-          Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Aktivitas :
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok tentang cara  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit


4. Pertemuan Ke- 4 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu
Ø  Membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø  Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Praktek
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Praktik
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Praktik membuat Miniatur Bangunan Modern
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati Prosedur / langkah kerja mengenai
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Mendengar
Ø  Sebelum melakukan Praktek peserta didik diminta untuk mendengarkan Penjelasan / pemberian materi / petunjuk dari guru tentang
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati obyek / kejadian yang ada di lingkungan sekitar / masyarakat / sekolah/ laboratorium mengenai
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta untuk mengunjungi laboratorium/ Perpustakaan/ bengkel yang ada dilingkungan sekitar sekolah untuk mencari dan membaca mengenai langkah kerja
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta untuk mengumpulkan informasi/data dan menulis pada buku catatan siswa, informasi diperoleh dari buku/modul/internet dan sumber relevan lainnnya mengenai
-          Praktik membuat Miniatur Bangunan Modern
v  Memperagakan/Praktek
Ø  Peserta didik diminta melakukan Praktik
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Aktivitas
Ø  Sebelum melakukan Praktik peserta didik diminta untuk menyiapakan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam praktik
Ø  Sebelum melakukan praktik peserta didik diminta untuk memperhatikan dan menerapkan Keselamatan Kerja
Ø  Sebelum melakukan praktik peserta didik diminta untuk membaca Prosedur / Petunjuk/ langkah- langkah kerja
Ø  Buatlah laporan kegiatan praktik secara ringkas dan  jelas!
Ø  Buatlah rangkuman pengetahuan yang siswa peroleh setelah mempelajari kegiatan
v  Mendiskusikan
Ø  Sebelum melakukan Praktik peserta didik diminta untuk berdiskusi dalam kelompok mengenai langkah – langkah kerja
-          Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
antara lain dengan :

60menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit



F.      Penilaian
1.       Jenis/teknik Penilaian:
1.       Teknik Penilaian
a.       Sikap
-          Penilaian Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
-          Penilaian Diri (self assessment)
-          Penilaian Teman Sebaya peer assessment)
-          Penilaian Jurnal (anecdotal record)

b.      Pengetahuan
-          Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Model Bangunan Instalasi Listrik
-          Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
-          Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Model Bangunan Instalasi Listrik

c.       Keterampilan
-          Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Model Bangunan Instalasi Listrik
-          Penilaian Proyek,
-          Penilaian Produk,
-          Penilaian Portofolio
-          Penilaian Tertulis

2.       Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama
b.       Pertemuan Kedua
c.       Pertemuan Ketiga
d.       Pertemuan Keempat







YANG DI BAWAH SILAHKAN DI ISI NAMA KEPSEK DAN NAMA GURU MAPEL
SEBAGAI PENUTUP..........




================    SEMOGA BERMANFAAT    ================================

No comments:

Post a Comment

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...