RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP .............................
Mata Pelajaran : PRAKARYA
Kelas/Semester : IX/Genap
Materi Pokok : Model Bangunan
Instalasi Listrik
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 2 Jam
pelajaran @ 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Menghayati keberagaman produk rekayasa di
daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2
2.1
Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap
santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air
dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri,
dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin
dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi
saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir
3
3.1
3.2
3.3
Memahami prosedur konstruksi instalasi
listrik
4
4.1
4.2
4.3
Membuat model bangunan instalasi dengan
teknologi konstruksi berdasarkan kondisi di daerah setempat dan daerah lain
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukan sikap syukur keberagaman produk rekayasa di
daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
1.
1.1
2.1.1
Menunjukan sikap santun
dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman
karya rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada
produk Indonesia
2.1
2.2.1
Menunjukan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam
merancang dan membuat karya rekayasa
2.3
2.3.1
Menunjukan perilaku,
percaya diri, dalam merancang dan membuat karya rekayasa
2.3.2
Menunjukkan kemauan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan membuat karya rekayasa dengan memperhatikan
estetika produk akhir
3
3.1
3.2
3.3.1
Menjelaskan prosedur
konstruksi instalasi listrik
3.3.2
Mendeskrifsikan wawasan
model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
3.3.3
Mengidentifikasi jenis
model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi mekanik dan manfaatnya
3.3.4
Mengidentifikasi bahan,
alat, teknik dan proses pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi
konstruksi
3.3.5
Memahami cara penyajian
dan pengujian model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
4
4.3
4.3.1
Melakukan pengamatan dengan cara membaca
dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan model bangunan
instalasi dengan teknologi konstruksi, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan alam
4.3.2
Melakukan diskusi tentang aneka produk
yang berkaitan dengan manfaat alat, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur
pembuatan model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
4.3.3
Melakukan kegiatan observasi dengan teknik
wawancara tentang pengetahuan model bangunan instalasi dengan teknologi
konstruksi, bahan dasar dari alam, alat , teknik dan prosedur pembuatan produk
rekayasa sederhana dengan teknologi mekanik
4.3.4
Membuat rancangan gagasan dalam bentuk
gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan model bangunan instalasi dengan
teknologi konstruksi dan penyajiannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur,
sikap percaya diri dan mandiri.
4.3.5
Membuat model bangunan instalasi dengan teknologi
konstruksi dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
D.
Materi Pembelajaran
v Model bangunan instalasi listrik dengan teknologi konstruksi,
meliputi:
v Wawasan model bangunan instalasi dengan teknologi
konstruksi
v Jenis model bangunan instalasi dengan
teknologi konstruksi mekanik dan manfaatnya
v Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan model
bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi
v Penyajian dan pengujian model bangunan
instalasi dengan teknologi konstruksi
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Model
bangunan dengan teknologi konstruksi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Instalasi
Listrik di Rumah Tinggal
Ø Mengenal
peralatan instalasi listrik rumah tinggal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
Ø
Peserta didik diminta
mengamati bentuk, tekstur, warna dan kandungan yang terdapat dalam bahan
olahan pangan
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta menyimak
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan instalasi
listrik rumah tinggal
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
-
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Aktivitas :
Ø
Peserta didik diminta
jenis-jenis rangkaian listrik yang ada di rumahmu. Tanyakan dengan santun
kepada keluargamu tentang bagian-bagian dari rangkaian listrik tersebut serta
fungsinya
v Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok tentang
nama rangkaian listrik, bagianbagian dari rangkaian listriknya serta
fungsi bagian-bagian dari rangkaian listrik tersebut!!
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Instalasi Listrik di
Rumah Tinggal
Ø
Mengenal peralatan
instalasi listrik rumah tinggal
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke- 2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Instalasi
Listrik di Rumah Tinggal
Ø Mengenal
peralatan instalasi listrik rumah tinggal
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Peralatan
untuk Instalasi Listrik
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø
Peserta didik diminta
mengunjungi tukang listrik di
lingkungan sekitarmu! (boleh dari
sumber bacaan atau berdasarkan pengalaman setiap anggota kelompok).
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan
tentang
-
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Aktivitas :
v
Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok tentang cara penggunaan peralatan untuk Instalasi
Listrik
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Peralatan untuk
Instalasi Listrik
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke- 3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Peralatan
untuk Instalasi Listrik
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø Tahapan
Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø
Peserta didik diminta
mengunjungi tukang listrik di
lingkungan sekitarmu! (boleh dari
sumber bacaan atau berdasarkan pengalaman setiap anggota kelompok).
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
-
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Aktivitas :
v
Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok tentang cara
Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Membuat Papan Instalasi
Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø
Tahapan Pembuatan Papan
Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke- 4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu
Ø Membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
Ø Tahapan
Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Praktek
-
Praktek membuat Papan Instalasi Listrik
menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topik Praktik
Ø Praktek membuat Papan Instalasi Listrik
menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Praktik membuat Miniatur Bangunan Modern
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati Prosedur / langkah
kerja mengenai
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø Praktek membuat Papan Instalasi Listrik
menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Mendengar
Ø Sebelum melakukan Praktek peserta didik diminta
untuk mendengarkan Penjelasan / pemberian materi / petunjuk dari guru
tentang
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Ø Praktek membuat Papan Instalasi Listrik menggunakan
Sakelar di Rumah tinggal
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati obyek /
kejadian yang ada di lingkungan sekitar / masyarakat / sekolah/
laboratorium mengenai
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta untuk mengunjungi
laboratorium/ Perpustakaan/ bengkel yang ada dilingkungan sekitar sekolah
untuk mencari dan membaca mengenai langkah kerja
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
untuk mengumpulkan informasi/data dan menulis pada buku catatan siswa,
informasi diperoleh dari buku/modul/internet dan sumber relevan lainnnya
mengenai
-
Praktik membuat
Miniatur Bangunan Modern
v Memperagakan/Praktek
Ø
Peserta didik diminta
melakukan
Praktik
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Aktivitas
Ø
Sebelum melakukan
Praktik peserta didik diminta untuk menyiapakan peralatan dan bahan yang
dibutuhkan dalam praktik
Ø
Sebelum melakukan
praktik peserta didik diminta untuk memperhatikan dan menerapkan
Keselamatan Kerja
Ø
Sebelum melakukan
praktik peserta didik diminta untuk membaca Prosedur / Petunjuk/ langkah-
langkah kerja
Ø
Buatlah laporan kegiatan
praktik secara ringkas dan jelas!
Ø
Buatlah rangkuman
pengetahuan yang siswa peroleh setelah mempelajari kegiatan
v Mendiskusikan
Ø
Sebelum melakukan
Praktik peserta didik diminta untuk berdiskusi dalam kelompok mengenai
langkah – langkah kerja
-
Praktek membuat Papan
Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan
koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Praktek membuat
Papan Instalasi Listrik menggunakan Sakelar di Rumah tinggal
antara lain dengan :
|
|
60menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
F. Penilaian
1.
Jenis/teknik Penilaian:
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam
melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan
bermusyawarah
-
Penilaian
Diri (self assessment)
-
Penilaian
Teman Sebaya peer assessment)
-
Penilaian
Jurnal (anecdotal record)
b.
Pengetahuan
-
Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk
mengetahui pemahaman siswa tentang Model Bangunan Instalasi Listrik
-
Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
-
Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Model Bangunan Instalasi Listrik
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi
sesuai perannya tentang Model Bangunan Instalasi Listrik
-
Penilaian
Proyek,
-
Penilaian
Produk,
-
Penilaian
Portofolio
-
Penilaian
Tertulis
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
d.
Pertemuan
Keempat
YANG DI BAWAH SILAHKAN DI ISI NAMA KEPSEK DAN NAMA GURU MAPEL
SEBAGAI PENUTUP..........
================
SEMOGA BERMANFAAT ================================
No comments:
Post a Comment