
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) mapel PRAKARYA
Mata Pelajaran     :  Prakarya 
Aspek                  :  Pengolahan
Kelas/ Semester   :  IX / Dua
Materi Pokok      :  Pengolahan Bahan Pangan Hasil
Peternakan dan Perikanan 
Alokasi Waktu    :  5 Pertemuan (10 JP)
A.    
Kompetensi Inti
1.   
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.   
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional;
3.   
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata;
4.   
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori. 
B.    
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator
   Pencapaian Kompetensi | ||
| 
3.3. | 
Menganalisis prinsip perancangan,
  pembuahan, penyajian dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari hasil
  peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput
  laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsmsi) yang ada di wilayah setempat | 
3.3.1 
3.3.2 
3.3.3 | 
Setelah bahan bacaan dalam buku siswa, peserta
  didik memahami pengertian bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari
  bahan hasil perikanan dan peternakan. 
Setelah proses pembelajaran, peserta
  didik dapat menyebutkan jenis dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan
  setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan
  menjadi makanan yang ada di lingkungan sekitar atau wilayah setempat dan
  wilayah lainnya. 
Setelah proses pembelajaran, peserta
  didik dapat membedakan bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari
  bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan berdasarkan orisinalitas
  ide dan cita rasa estetis diri sendiri. | 
| 
4.3. | 
Membuat bahan pangan setengah jadi dari
  hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi,
  rumput laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) serta menyajikan atau
  melakukan pengemasan. | 
4.3.1 
4.3.2 | 
Setelah mempelajari jenis-jenis bahan
  setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan,
  maka lakukan observasi dan wawancara ke beberapa tempat pengolahan, baik
  secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya). 
Setelah mengamati desain dan konstruksi
  dalam kegiatan wawancara tersebut, peserta didik membuat laporan hasil
  kegiatan. | 
| 
3.4. | 
Menganalisi rancangan pembuatan hasil
  peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udng, cumi, rumput laut)
  menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat. | 
3.4.1 
3.4.2 
3.4.3. 
3.4.4 | 
Setelah melakukan observasi dan
  wawancara pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan
  dan peternakan, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film,
  dan sebagainya), peserta didik, dapat menyiapkan alat dan bahan untuk
  mempraktikkan pembuatan pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil
  perikanan dan peternakan. 
Setelah mengamati proses pengolahan dari
  bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan peserta didik
  membuat satu jenis produk olahan dari bahan pangan setengah jadi hasil
  perikanan dan peternakan yang dipilihnya bersama kelompok. 
Setelah membaca bahan bacaan dalam buku
  siswa, peserta didik menentukan jenis-jenis hasil samping dari hasil
  perikanan dan peternakan. 
Mempelajari hal-hal apa saja yang harus
  dilakukan pemanfaatan hasil samping dari bahan baku perikanan dan peternakan | 
| 
4.4. | 
Mengolah bahan hasil samping dari
  pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang,
  cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan serta
  menyajikan atau melakukan pengemasan. | 
4.4.1 
4.4.2 
4.4.3 
4.4.4 | 
Setelah mempelajari bahan pangan hasil
  samping dari perikanan dan peternakan peserta didik, dapat menyiapkan alat
  dan bahan untuk mempraktikkan pembuatan pengolahan dari bahan pangan hasil
  samping dari perikanan dan peternakan menjadi pangan. 
Setelah mengamati proses pengolahan
  bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan peserta didik
  membuat satu jenis produk olahan bahan pangan hasil samping dari hasil
  perikanan dan peternakan yang dipilihnya bersama kelompok. 
Peserta didik mengungkapkan pengalaman
  dalam melaksanakan kegiatan praktik bahan pangan hasil samping. 
Melakukan refleksi diri dan refleksi
  kelompok dari mulai mempersiapkan alat dan bahan pangan hasil samping dari
  bahan baku perikanan dan peternatakan. | 
*Nilai karakter: Religius, Mandiri, Gotong royong
C.   
Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik
dapat:
- Memahami
     pengertian bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil
     perikanan dan peternakan.
- Menyebutkan
     jenis dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dan produk
     samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan yang ada
     di lingkungan sekitar atau wilayah setempat dan wilayah lainnya.
3.     
Membedakan bahan pangan setengah
jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi
makanan berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
      Pertemuan Kedua
      Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik
dapat:
- Mempelajari
     jenis-jenis bahan setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil
     perikanan dan peternakan, maka lakukan observasi dan wawancara ke beberapa
     tempat pengolahan, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui
     buku, film, dan sebagainya).
2.     
Mengamati desain dan
konstruksi dalam kegiatan wawancara tersebut, peserta didik membuat laporan hasil
kegiatan.
      Pertemuan Ketiga
      Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik
dapat:
- Melakukan
     observasi dan wawancara pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi
     hasil perikanan dan peternakan, baik secara langsung maupun tidak langsung
     (melalui buku, film, dan sebagainya), peserta didik, dapat menyiapkan alat
     dan bahan untuk mempraktikkan pembuatan pengolahan dari bahan pangan
     setengah jadi hasil perikanan dan peternakan.
2.     
Mengamati proses
pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan
peserta didik membuat satu jenis produk olahan dari bahan pangan setengah jadi
hasil perikanan dan peternakan yang dipilihnya bersama kelompok.
      Pertemuan Keempat
      Melalui ceramah,
diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
- Menentukan
     jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan.
2.     
Pemanfaatan hasil samping
dari bahan baku perikanan dan peternakan
      Pertemuan Kelima
      Melalui ceramah,
diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.     
Mempraktikkan pembuatan
pengolahan dari bahan pangan hasil samping dari perikanan dan peternakan
menjadi pangan.
2.     
Mengamati proses
pengolahan bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan
3.     
Membuat satu jenis produk
olahan bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan yang
dipilihnya bersama kelompok.
4.     
Mengungkapkan pengalaman
dalam melaksanakan kegiatan praktik bahan pangan hasil samping.
5.     
Melakukan refleksi diri
dan refl eksi kelompok dari mulai mempersiapkan alat dan bahan pangan hasil
samping dari bahan baku perikanan dan peternatakan.
D.     Materi Pembelajaran
Materi
Reguler
1.      
Menyampaikan pendapat
tentang pengertian, jenis, dan manfaat dari bahan pangan setengah jadi dan
produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan sebagai ungkapan rasa
bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2.      
Mengidentifi kasi bahan,
alat, metode dan proses pengolahan yang digunakan pada pembuatan produk bahan
pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
peternakan menjadi makanan dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu
dan peduli lingkungan.
3.      
Merancang pembuatan
produk olahan makanan dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari
bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan berdasarkan orisinalitas
ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
4.      
Membuat, menguji, dan mempresentasikan
produk olahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil
perikanan dan peternakan menjadi makanan di wilayah setempat berdasarkan teknik
dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.
     Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular pengolahan
berbagai bahan pangan setengah jadi dan produk
samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan. 
     Materi Remedial
a.       
Pengemasan dan penyajian makanan dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari
bahan hasil perikanan dan peternakan
b.       Prinsip sanitasi dan hygiene dalam pembuatan bahan pangan
setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan
E. 
 Metode Pembelajaran
Pendekatan  :  Saintific
Model          :  Projek Based Learning (
PjBL )
Metode        : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F. 
 Media dan Bahan
1.   
Media
1.1   
Video jenis-jenis bahan
pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
peternakan dan jenis hasil olahnya serta cara pembuatannya;
1.2   
Chart/gambar/ File
berisi slide-slide jenis-jenis bahan pangan setengah
jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dan jenis hasil
olahnya serta cara pembuatannya;
1.3   
Lembar Kerja tentang
identifikasi jenis-jenis bahan pangan setengah
jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dan jenis hasil
olahannya.
1.4   
Contoh beberapa produk olahan dari bahan
pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
peternakan
2.  Bahan
2.1  Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk kegiatan identifikasi bahan
pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
peternakan dan jenis olahannya.
2.1.1 Berbagai macam
gambar jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dan produk
samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan. (hasil print dari internet, dan dari berbagai jenis media massa).
2.1.2
Lembar kerja tentang identifikasi bahan pangan
setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dan jenis hasil
olahannya
1.2   
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk
kegiatan projek pembuatan  olahan pangan
dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan
dan peternakan
 Bahan utama : contoh jenis bahan hasil
perikanan dan peternakan
Bahan utama : contoh jenis bahan hasil
perikanan dan peternakan
3.  Alat
 Alat-alat yang dibutuhkan untuk kegiatan
projek pembuatan  bahan pangan setengah
jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan
Alat-alat yang dibutuhkan untuk kegiatan
projek pembuatan  bahan pangan setengah
jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan
G.  Sumber Belajar
1.      Kemdikbud. 2018. Buku Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
2.     
Kemdikbud.2018. Buku Siswa Prakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
3.     
https://prakarya-indramayu.blogspot.com
H.  Langkah
- Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
 Kegiatan Pendahuluan 
| 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
Pendahuluan | 
1.       
  Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk
  mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan
  dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta
  didik mengucap salam khas sekolah. 
2.       
  Guru membimbing peserta
  didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an selama 15
  menit. 
3.       
  Guru mengecek kehadiran peserta didik. 
4.       
  Peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk
  mengikuti pelajaran. 
5.       
  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan
  manfaat mempelajari materi pokok pembuatan bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta
  didik. 
6.       
  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan
  materi pembelajaran untuk
  pertemuan pertama yaitu tentang Memahami
  pengertian bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil
  perikanan dan peternakan, Menyebutkan jenis dan karakteristik jenis-jenis
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan menjadi makanan yang ada di lingkungan sekitar atau wilayah
  setempat dan wilayah lainnya, Membedakan bahan pangan setengah jadi dan
  produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan
  berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri . 
7.       
  Guru
  menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan
  pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan). (meta kognitif) 
8.       
  Guru
  menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran
  Projek.  (meta kognitif) 
Guru
  mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan
  diskusi interaktif  tentang kesukaan
  mereka terhadap bahan pangan setengah jadi dan
  produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan, sebagai upaya
  mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak perhatikan gambar dibawah ini?   
Terbuat dari bahan apa gambar tersebut ? 
Apakah kamu mencoba makanan tersebut ? 
Bagaimana
  menurut pendapatmu makanan tersebut ? 
9.       
  Peserta didik menjawab
  pertanyaaan guru tentang aneka bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan. 
10.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk dapat memprediksi
  Kegiatan
  pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku  
11.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta
  didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran | 
8 Menit | 
| 
Kegiatan Inti  
Langkah 1: 
Penentuan Proyek 
Langkah 2: 
 Perancangan
  langkah-langkah penyelesaian proyek 
Langkah 3: 
Penyusunan Jadwal
  Pelaksanaan | 
Peserta didik bersama
  guru menentukan tema proyek melalui diskusi interaktif misalnya: “Disajikan gambar
  sebagai contoh bahan setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil
  perikanan dan peternakan?”, “Pernahkah kamu mengolah dari bahan pangan
  setengah jadi hasil perikanan dan peternakan seperti apa nama dan
  bentuknya,serta rasanya?” 
“Anak-anak, apa yang dimaksud dengan pengertian
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan?
  Sebutkan jenis dan karakteristik jenis-jenis
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan menjadi makanan yang ada di lingkungan sekitar atau wilayah
  setempat dan wilayah lainnya, apa bedanya bahan pangan setengah jadi dan
  produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan
  berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri ?” 
1.     
  Peserta didik menyimak
  penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek.  
2.     
  Peserta didik dan guru menyepakati jadwal rencana
  pembuatan bahan pangan setengah jadi dan produk
  samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dalam 5 kali pertemuan. 
3.     
  Peserta didik menyimak
  penjelasan guru tentang sistematika laporan proyek melalui tayangan power
  point dari LCD proyektor. 
4.     
  Peserta didik dengan panduan guru membuat kelompok
  (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan mempertimbangkan
  karakteristik dan heterogenitas peserta didik. 
1.  
  Setiap kelompok peserta
  didik membentuk pengurus kelompok (ketua, sekretaris, bendahara, anggota). 
1.     
  Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal berbelanja. 
2.     
  Peserta didik bersama guru menentukan jadwal pembuatan/
  pengolahan, penyajian/pengemasan hasil bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan. 
3.     
  Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal penyusunan laporan.  
4.     
  Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal presentasi laporan. 
Kegiatan pembelajaran
  dilanjutkan dengan: 
1.     
  Peserta didik membaca
  buku tentang pengolahan bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan untuk mencari
  pengertian bahan pangan setengah jadi dan produk
  samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan, Menyebutkan
  jenis dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dan produk
  samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan, Membedakan
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan menjadi makanan. 
2.     
  Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru untuk mencari pengertian
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan, Menyebutkan jenis dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan
  setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan, Membedakan
  bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan menjadi makanan. 
3.     
  Peserta didik berdiskusi
  interaktif dengan panduan guru untuk menyimpulkan tentang pengertian bahan pangan
  setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan, Menyebutkan
  jenis dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dan produk
  samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan, Membedakan bahan pangan setengah
  jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi
  makanan. 
4.     
  Kelompok peserta didik yang paling banyak
  dalam mengidentifikasi jenis, karakteristik, serta kandungan dan manfaat bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta
  didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta
  didik, melakukan konfirmasi serta menyimpulkan hasil diskusi. | 
60 menit | 
| 
Kegiatan Penutup  | 
1.  
  Peserta didik dan guru
  melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta
  menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.  (meta kognitif) 
2.  
  Guru mengkonfirmasi hasil prediksi. 
3.  
  Peserta didik menerima
  tugas dari guru untuk mencari referensi tentang resep makanan yang dibuat
  dari bahan bahan pangan setengah jadi dan produk
  samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dari berbagai sumber, misalnya dari
  perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual makanan/minuman
  kesehatan atau melalui browsing
  internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya. 
4.  
  Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima
  informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada
  pertemuan berikutnya tentang jenis makanan / minuman, teknik pengolahan
  makanan / minuman dan tahapan pengolahan makanan / minuman dari bahan
  setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan, meliputi:
  perencanaan, persiapan, pengolahan/pembuatan serta penyajian dan
  pengemasannya. 
5.  
  Membaca do’a dan mengkondisikan kelas ke semula. 
6.  
  Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
  mengucapkan terima kasih. | 
12 menit | 
     CATATAN:
                                                                           
            Tulis Tebal (bold)                  = HOTS
            Cetak miring                           = 
Pembiasaan / PPK
            Cetak miring underline           =  Literasi
Pertemuan Kedua (2 JP)                                                             
| 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
Pendahuluan  | 
1.   
  Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk
  mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan
  dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta
  didik mengucap salam khas sekolah. 
2.   
  Guru membimbing peserta
  didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca
  surat-surat pendek Al-Qur’an. 
3.   
  Guru mengecek kehadiran peserta didik. 
4.   
  Guru menanyakan
  apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang telah
  diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi tentang jenis-jenis
  bahan setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan
  peternakan. 
5.   
  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi
  pokok pembuatan bahan pangan setengah jadi hasil
  perikanan dan peternakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam
  memotivasi peserta didik. 
6.   
  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang  cakupan
  kompetensi untuk pertemuan kedua tentang jenis-jenis
  bahan setengah jadi dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan
  peternakan, Mengamati desain dan konstruksi dalam kegiatan wawancara. 
7.   
  Guru
  menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan
  pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan). 
8.   
  Guru
  menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan
  pembelajaran Projek. 
9.   
  Guru mengecek
  penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi
  interaktif  tentang kesukaan mereka
  terhadap bahan pangan setengah jadi hasil
  perikanan dan peternakan, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar yang
  menyenangkan, misalnya: “Anak-anak kalian
  pernah mengunjungi tempat pengolahan ikan dan daging?
  Jika tidak ada tempat budidaya di lingkunganmu, carilah informasi dari buku
  sumber atau media lainnya? 
10.     Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang tempat
  pengolahan ikan dan daging. 
11.     Guru meminta peserta
  didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti
  pelajaran | 
8 menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
1.    Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas untuk Laporan
  Observasi dan Wawancara dengan mengerjakan LK. Guru memandu tugas peserta didik dengan menyediakan lembar kerja peserta
  didik (LK-1, terlampir). Peserta didik menggunakan
  referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah (referensi
  resep) untuk mengerjakan tugas tersebut. 
2.   
  Kelompok peserta didik yang paling cepat menyelesaikan
  tugasnya diminta melakukan presentasi
  di depan kelas. Peserta didik lainnya
  menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu
  jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi dan
  menyimpulkan hasilnya. | 
60 menit | 
| 
Kegiatan Penutup  | 
1.   
  Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh
  aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan
  manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
2.   
  Peserta didik menerima tugas dari guru untuk observasi dan
  wawancara pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan
  dan peternakan baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku,
  film, dan sebagainya. 
3.   
  Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima
  informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada
  pertemuan berikutnya yakni Melakukan observasi dan
  wawancara pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan
  dan peternakan. 
4.   
  Peserta didik dibawah
  bimbingan guru mengembalikan kondisi kelas ke semula. 
5.   
  Peserta didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai
  budaya sekolah dan mengucapkan terimakasih. | 
12 Menit | 
CATATAN:          
                   Tulis
Tebal (bold)      = Literasi
                   Cetak miring  
                        =  Pembiasaan/ PPK
            ............             =  PPK disertai Literasi 
Pertemuan Ketiga (2 JP)
| 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
Pendahuluan | 
1.   
  Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk
  mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan
  dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta
  didik mengucap salam khas sekolah. 
2.   
  Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan
  rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek  Al-Qur’an. 
3.   
  Guru mengecek kehadiran peserta didik. 
4.   
  Peserta didik menjawab
  pertanyaan dari guru tentang
  kesiapannya dalam pembelajaran, misalnya dengan guru menanyakan tentang
  kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan
  oleh guru pada pertemuan sebelumnya. 
5.   
  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan
  pembelajaran dan manfaat mempelajari
  materi pokok Melakukan observasi dan wawancara
  pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan
  peternakan sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik 
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan
  kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketiga yaitu melakukan
  observasi dan wawancara pelaku pengolahan dari bahan pangan setengah jadi
  hasil perikanan dan peternakan. 
7.   
  Peserta didik menyimak
  penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan
  pembelajaran berbasis proyek. 
8.   
  Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta
  didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran | 
8 Menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
1. 
  Setiap
  kelompok peserta didik dengan
  panduan guru merancang merancang
  pengolahan produk olahan dari bahan pangan setengah jadi
  hasil perikanan dan peternakan secara berkelompok. Hal yang akan dilakukan yaitu 
a.       
  Kegiatan dilakukan
  dengan metode diskusi. 
b.       
  Peserta didik dibagi
  perkelompok dan tentukan ketua setiap kelompok. 
c.       
  Setiap kelompok
  berdiskusi merencanakan kegiatan pengolahan dimulai dengan menentukan jenis
  olahan yang akan dibuat, analisa kebutuhan alat dan bahan, pembuatan jadwal
  kegiatan serta pembagian tugas. 
d.       
  Guru berkeliling
  memastikan berdiskusi dengan baik. 
e.       
  Ajak semua aktif
  berdiskusi dan menyampikan ide saat diskusi. 
f.        
  Rancangan pembuatan
  budidaya ikan konsumsi akan dipresentasikan terlebih dahulu sebelum
  dilaksanakan. 
g.       
  Beserta didik
  menjelaskan alasan memilih jenis olahan tersebut dari berbagai aspek. 
h.       
  Peserta didik lain
  memberikan masukan untuk menyempurnakan rencana kegiatan. 
i.         
  Berikan pemahaman pada
  siswa tentang alat dan bahan yang digunakan pada kegiatan pengolahan produk
  olahan dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan. 
j.         
  Manfaatkan barang yang
  ada disekitarmu sebagai alat yang digunakan untuk pengolahan produk olahan
  dari bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan. 
k.       
  Mintalah siswa
  merancang praktik pengolahan bahan produk olahan dari bahan pangan setengah
  jadi hasil perikanan dan peternakan. 
2.   
  Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan
  hasil rancangannya di depan
  kelas. Peserta didik lainnya menyimak
  serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi
  dan diskusi. 
3.   
  Peserta didik menerima konfirmasi dari guru sebagai
  bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Kegiatan Penutup | 
1.   
  Peserta didik melakukan
  refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran
  serta menyimpulkan manfaat hasil
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
2.   
  Peserta didik menerima tugas dari guru untuk menentukan
  jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan dari masing-masing
  kelompok agar dibawa pada pertemuan berikutnya. 
3.   
  Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima
  informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada
  pertemuan berikutnya yakni menentukan jenis-jenis hasil samping dari
  hasil perikanan dan peternakan, pemanfaatan hasil samping dari bahan baku
  perikanan dan peternakan 
4.   
  Peserta didik dibawah
  bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula. 
5.   
  Peserta didik berdo’a dan melakukan salam sesuai budaya
  sekolah mengucapkan terima kasih. | 
12 menit | 
Pertemuan Keempat (2 JP)
| 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
Pendahuluan  | 
1.   
  Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek
  kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan
  berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik
  mengucap salam khas sekolah. 
2.   
  Guru membimbing peserta
  didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca
  surat-surat pendek Al-Qur’an. 
3.   
  Guru mengecek kehadiran peserta didik. 
4. 
  Peserta didik menjawab
  pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran Menentukan
  jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan. 
5. 
  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan
  pembelajaran dan manfaat mempelajari
  materi pemanfaatan hasil samping dari bahan
  baku perikanan dan peternakan dalam
  memotivasi peserta didik 
6.  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang
  cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan keempat yaitu Menentukan
  jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan, pemanfaatan
  hasil samping dari bahan baku perikanan dan peternakan. 
7.  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian
  sikap, pengetahuan dan keterampilan. 
8.  Peserta didik
  menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pemanfaatan hasil
  samping dari bahan baku perikanan dan peternakan. | 
8 menit | 
| 
Kegiatan Inti 
Langkah ke-4  
Penyelesaian Proyek
  dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru | 
1.        
  Setiap
  kelompok peserta didik menentukan jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh
  guru, sedangkan
  produk samping berupa produk yang dihasilkan dari produk utama, seperti 
1.  Ikan, produk utamanya berupa daging ikannya. 
2.  Unggas, produk utamanya berupa dagingnya. 
3.  Hewan mamalia, produk
  utama dagingnya 
Produk samping dari bahan
  pangan ikan dan daging berupa : sisik, kulit, tanduk, tulang, bulu, dan sebagainya. 
Peserta
  didik berkelompok mengerjakan (LK-2)  Mengidentifi kasi Jenis Hasil Samping Hasil Perikanan dan Peternakan 
2.        
  Setiap
  kelompok peserta didik menentukan jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan  dengan
  rancangan; 
3.        
  Peserta
  didik dan guru melakukan evaluasi
  bersama terhadap hasil pemanfaatan hasil samping
  dari bahan baku perikanan dan peternakan dengan rancangan. Peserta didik mencatat
  semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang
  akan dipergunakan untuk penyusunan laporan. | 
60 menit | 
| 
Penutup  | 
1.   
  Peserta didik melakukan
  refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh
  aktivitas pembelajaran serta
  menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
2.   
  Peserta didik menerima tugas dari guru untuk
  mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mempraktikkan
  pembuatan pengolahan dari bahan pangan hasil samping dari perikanan dan
  peternakan menjadi pangan pada pertemuan berikutnya 
3.   
  Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima
  informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada
  pertemuan berikutnya yakni mempraktikkan pembuatan pengolahan dari
  bahan pangan hasil samping dari perikanan dan peternakan menjadi pangan. 
4.   
  Peserta didik dibawah
  bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula. 
5.   
  Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
  mengucapkan terima kasih. | 
12 menit | 
Pertemuan Kelima (2 JP)
| 
Kegiatan Pembelajaran | ||
| 
Pendahuluan  | 
a.     
  Guru
  mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
  kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
  salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
  sekolah. 
b.    
  Guru membimbing peserta didik melaksanakan
  pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek
  dalam Al-Qur’an. 
c.     
  Guru
  mengecek kehadiran peserta didik. 
d.    
  Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk
  pembelajaran praktik pembuatan pengolahan dari bahan pangan hasil samping dari
  perikanan dan peternakan menjadi pangan, misalnya bertanya mengenai kelengkapan bahan dan alat yang akan
  digunakan. 
e.     
  Peserta
  didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
  materi pokok pembuatan pembuatan pengolahan dari bahan pangan hasil samping
  dari perikanan dan peternakan menjadi pangan dalam kehidupan sehari-hari
  sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik 
f.      
  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru
  tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kelima yaitu Mempraktikkan pembuatan
  pengolahan dari bahan pangan hasil samping dari perikanan dan peternakan
  menjadi pangan, Mengamati proses
  pengolahan bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan, Membuat satu jenis produk olahan bahan pangan hasil samping
  dari hasil perikanan dan peternakan yang dipilihnya bersama kelompok, Mengungkapkan pengalaman dalam melaksanakan kegiatan
  praktik bahan pangan hasil samping, Melakukan refleksi diri
  dan refleksi kelompok dari mulai mempersiapkan alat dan bahan pangan hasil
  samping dari bahan baku perikanan dan peternatakan. 
g.    
  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan
  dan keterampilan. 
h.    
  Peserta
  didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan
  projek pembuatan pengolahan bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan
  dan peternakan. | 
8 menit | 
| 
Kegiatan Inti 
Langkah ke-4  
Penyelesaian Proyek
  dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru | 
1.        
  Setiap
  kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis
  media campuran dengan melakukan
  kegiatan yang dipandu oleh guru untuk: 
a)       Membaca
  tahapan tentang pembuatan kerajinan
  pengolahan
  bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat; 
b)      Melakukan persiapan peralatan pembuatan
  kerajinan pengolahan bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan
  dan peternakan sesuai dengan rancangan; 
c)       Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan pengolahan
  bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan
  rancangan; 
d)      Praktik membuat kerajinan pengolahan
  bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan rancangan dengan menerapkan
  prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya; dan  
e)       Menyajikan bahan-bahan kerajinan pengolahan
  bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan rancangan
  menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian
  dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya. 
2.       
  Setiap
  kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan pengolahan bahan pangan
  hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan rancangan; 
3.        
  Peserta
  didik dan guru melakukan evaluasi
  bersama terhadap hasil praktik kerajinan pengolahan bahan pangan
  hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan sesuai dengan rancangan. Peserta didik mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya
  sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan. | 
60 menit | 
| 
Penutup  | 
1.     
  Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh
  aktivitas pembelajaran serta
  menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
2.     
  Kegiatan penutup diakhiri Peserta didik dibawah bimbingan guru
  mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula. 
3.     
  Peserta
  didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih. | 
12 menit | 
I.    
Penilaian
1.    Teknik
penilaian
a.   
Sikap (spiritual dan
sosial)
| 
Teknik | 
Bentuk Instrumen | 
 Butir Instrumen | 
Waktu Pelaksanaan | 
Ket. | 
| 
Observasi  | 
Jurnal  | 
Saat pembelajaran
  berlangsung | 
Penilaian untuk dan
  pencapaian pembelajaran (assessment for
  learning and assessment of learning) | 
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat
perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.
b.   
Pengetahuan                              
| 
No | 
Teknik | 
Bentuk Instrumen | 
Butir Instrumen | 
Waktu Pelaksanaan | 
Ket. | 
| 
1. | 
Lisan | 
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka  | 
1.      Siapakah yang bisa menjelaskan pengertian
  bahan pangan setengah jadi? 
2.      Sebutkan jenis
  dan karakteristik jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari
  bahan hasil perikanan dan peternakan? | 
Saat pembelajaran berlangsung | 
Penilaian untuk
  pembelajaran (assessment for learning) | 
| 
2 | 
Tertulis | 
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,  | 
1.      Jelaskan jenis dan manfaat bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan! 
2.      Jelaskan teknik pembuatan bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan! | 
Setelah pembelajaran usai | 
Penilaian pencapaian
  pembelajaran (assessment of learning) | 
| 
3 | 
Portofolio | 
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | 
Carilah resep makanan
  yang dibuat dari bahan pangan setengah jadi dan
  produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan dari berbagai sumber,
  lalu identifikasi sesuai dengan LK. | 
Saat pembelajaran berlangsung | 
Data untuk penulisan
  deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment
  as learning) | 
c.   
Keterampilan                             
| 
No | 
Teknik | 
Bentuk Instrumen | 
Contoh Butir Instrumen | 
Waktu Pelaksanaan | 
Ket. | 
| 
1 | 
Proyek | 
Tugas/ Praktik | 
Buatlah satu macam bahan pangan setengah
  jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan! | 
Selama atau usai pembelajaran berlangsung  | 
Penilaian untuk pembelajara, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as
  learning, and assessment of learning) | 
| 
2 | 
Portofolio | 
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek | 
Buatlah laporan tentang pembuatan makanan dari bahan
  pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan
  peternakan yang telah kalian praktikkan! | 
Saat pembelajaran usai  | 
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi
  pencapaian keterampilan | 
2.      Pembelajaran
Remedial 
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik
yang belum mencapai  ketuntasan belajar
diberikan kegiatan pembelajaran ngan bentuk remedial, yaitu:
a.   
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didik belum mencapai
ketuntasan. 
b.   
Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didik belum mencapai
ketuntasan.
c.   
Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.
3.      Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan,
membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah
segar yang lain.
                                   ……………….,.... Juli 20…
| 
Mengetahui 
Kepala Sekolah 
........................................................... 
NIP. .................................................. | 
Guru Mata Pelajaran Prakarya 
NIP. .................................................. | 
 
Selamat pagi pak/ibu. Izin copas ya . terimakasih
ReplyDelete