Monday, 22 February 2021

RPP BUDIDAYA IKAN HIAS KELAS 9 SEM 2

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu


 

: SMP Negeri 51 Bandung

: Prakarya/Budidaya

:  IX/2

:  Budidaya Ikan Hias

:  5 x 2 JP


 

A. Topik/Tema Pembelajaran

 

Budidaya Ikan Hias

 

B. Kompetensi Inti

 

3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

C. Kompetensi Dasar

3.4 Memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias

4.4 Mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias

 

D. Tujuan Pembelajaran

 

Setelah melalui pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias dan mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias dengan penuh tanggung jawab, disiplin dan mandiri

 

E. Indikator Hasil Pembelajaran

 

3.4.1 Peserta didik dapat memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias

4.4.1 Peserta didik mampu mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias

 F. Materi Pembelajaran

 

Lihat dilampiran

 

G. Metode/Strategi Pembelajaran

 

1.      Guru meminta kepada siswa untuk mengucapkan Basmallah sebelum pembelajaran dimulai dan dilanjutkan dengan berdo’a bersama orang tua.

 

2.      Guru meminta kepada siswa untuk membuat kata-kata motivasi dan inspirasi untuk memberikan semangat dalaam melakukan proses pembelajaran.

 

3.      Guru meminta kepada siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran dan buku penunjang yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari.


Kegiatan Inti

 

1.      Orientasi peserta didik terhadap masalah:

 

      Pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengamati lingkungan sekitar rumahnya dan mengumpulkan permasalahan yang ada terkait dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

 

2.      Mengorganisasikan peserta didik :

 

      Guru meminta kepada peserta didik untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terkumpul pada saat orientasi masalah.

 

       Peserta didik membuat hipotesa terkait permasalahan yang sudah diidentifikasi.

 

3.      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok,

 

      Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya kemudian merencanakan eksperimen dengan membuat budidaya ikan hias dalam ember untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

 

4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

 

      Peserta didik mengumpulkan alat dan bahan sesuia dengan yang dibutuhkan untuk membuat budidaya ikan hias (ikan guppy).

 

      Peserta didik membuat karya berupa budidaya ikan hias (ikan guppy) dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia disekitar lingkungan rumahnya dan mendokumentasikan pembuatan budidaya ikan hias (ikan guppy) dalam bentuk video atau foto.

 

5.      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

 

      Peserta didik menganalisis berkembangan ikan hias (ikan guppy) setiap hari dengan melakukan pemeliharaan ikan.

 

      Peserta didik mengevaluasi perkembangan ikan hias (ikan guppy) setiap hari dan mencatatnya dalam LKPD.

 

      Peserta didik untuk merekonstruksi aktivitas yang telah dilakukan selama proses pemeliharaan budidaya ikan hias (ikan guppy).

 

      Peserta didik membuat laporan budidaya ikan hias (ikan guppy) yang sudah dibuatnya dalam bentuk karya tulis.

 

Kegiatan Penutup

1.      Siswa diminta untuk menyimpulkan hasil dari proses kegiatan pembelajaran

 

2.      Siswa meminta bantuan orang tua untuk mengupload video budikdamernya di Youtube

 

3.      Siswadiminta untuk mengucapkan Hamdallah sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

 

G. Penilaian

 

1.      Penilaian sikap dengan melihat postingan siswa di Youtube dan berdasarkan laporan dari orang tua siswa.

 

2.      Penilaian pengetahuan dengan melihat postingan di Youtube

3.      Penilain keterampilan dengan melihat postingan di Youtube.



Tugas 1

 

Mencari informasi (ruang lingkup, peluang dan keberhasilan serta kegagalan usaha budidaya ikan konsumsi/hias) melalui kunjungan lapang, wawancara pelaku budidaya pembenihan ikan di wilayah sekitar.

 

Tujuan

Peserta didik diharapkan mampu:

 

       Menjelaskan ruang lingkup budidaya di wilayah sekitar

 

        Menjelaskan peluang usaha pembenihan ikan konsumsi/hias

 

        Menjelaskan factor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam usaha pembenihan ikan

 

Media

       Alat tulis

 

        Buku/kertas

 

Langkah-langkah

 

       Bacalah uraian materi di atas dengan seksama

 

        Buatlah daftar pertanyaan untuk ditanyakan pada saat wawancara/kunjungan lapang pada pelaku budidaya

 

Tugas 2

 

Buatlah rencana usaha budidaya pembenihan ikan hias (ikan guppy)

 

Tujuan

Peserta didik diharapkan mampu:

 

Membuat rencana usaha pembenihan yang tepat berdasarkan informasi yang didapat setelah melakukan wawancara dengan pelaku budidaya pembenihan/petugas dinas perikanan

 

Media

       Alat tulis

 

        Buku/kertas

 

Langkah-langkah

Bacalah uraian materi di atas dengan seksama

 

        Carilah dan kunjungi pelaku budidaya pembenihan ikan atau dinas perikanan yang ada

 

       di lingkungan anda!


        Wawancarailah, mintalah tips atau strategi pada pelaku budidaya pembenihan ikan/petugas dinas perikanan untuk memulai usaha pembenihan ikan.

 

Tugas 3

Buatlah budidaya ikan hias (ikan guppy) secara berkelompok atau perorangan

No comments:

Post a Comment

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...