Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
: SMP
Negeri 51 Bandung
:
Prakarya/Budidaya
:
IX/2
:
Budidaya Ikan Hias
:
5 x 2 JP
A. Topik/Tema Pembelajaran
Budidaya Ikan Hias
B. Kompetensi Inti
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
C. Kompetensi Dasar
3.4 Memahami tahapan budidaya
(pembesaran) ikan hias
4.4 Mempraktikkan budidaya
(pembesaran) ikan hias
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat
memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias dan mempraktikkan budidaya
(pembesaran) ikan hias dengan penuh tanggung jawab, disiplin dan mandiri
E. Indikator Hasil Pembelajaran
3.4.1 Peserta didik dapat
memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias
4.4.1 Peserta didik mampu
mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias
Lihat dilampiran
G. Metode/Strategi Pembelajaran
1.
Guru meminta kepada siswa untuk
mengucapkan Basmallah sebelum pembelajaran dimulai dan dilanjutkan dengan berdo’a
bersama orang tua.
2.
Guru meminta kepada siswa untuk
membuat kata-kata motivasi dan inspirasi untuk memberikan semangat dalaam
melakukan proses pembelajaran.
3.
Guru meminta kepada siswa untuk
mempersiapkan buku pelajaran dan buku penunjang yang sesuai dengan materi yang
akan dipelajari.
1.
Orientasi peserta didik terhadap masalah:
• Pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengamati lingkungan sekitar
rumahnya dan mengumpulkan permasalahan yang ada terkait dengan pemanfaatan
lahan pekarangan rumah.
2.
Mengorganisasikan peserta didik :
• Guru meminta kepada peserta didik untuk mengidentifikasi
permasalahan-permasalahan yang terkumpul pada saat orientasi masalah.
• Peserta
didik membuat hipotesa terkait permasalahan yang sudah diidentifikasi.
3.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok,
• Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
kemudian merencanakan eksperimen dengan membuat budidaya ikan hias dalam ember
untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pemanfaatan lahan pekarangan rumah.
4.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
• Peserta didik mengumpulkan alat dan bahan sesuia dengan yang dibutuhkan
untuk membuat budidaya ikan hias (ikan guppy).
• Peserta didik membuat karya berupa budidaya ikan hias (ikan guppy)
dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia disekitar lingkungan rumahnya dan
mendokumentasikan pembuatan budidaya ikan hias (ikan guppy) dalam bentuk video
atau foto.
5.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
• Peserta didik menganalisis berkembangan ikan hias (ikan guppy) setiap
hari dengan melakukan pemeliharaan ikan.
• Peserta didik mengevaluasi perkembangan ikan hias (ikan guppy) setiap
hari dan mencatatnya dalam LKPD.
• Peserta didik untuk merekonstruksi aktivitas yang telah dilakukan selama
proses pemeliharaan budidaya ikan hias (ikan guppy).
• Peserta didik membuat laporan budidaya ikan hias (ikan guppy) yang sudah
dibuatnya dalam bentuk karya tulis.
Kegiatan Penutup
1. Siswa
diminta untuk menyimpulkan hasil dari proses kegiatan pembelajaran
2. Siswa
meminta bantuan orang tua untuk mengupload video budikdamernya di Youtube
3.
Siswadiminta untuk mengucapkan
Hamdallah sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.
G. Penilaian
1.
Penilaian sikap dengan melihat
postingan siswa di Youtube dan
berdasarkan laporan dari orang tua siswa.
2. Penilaian
pengetahuan dengan melihat postingan di Youtube
3. Penilain
keterampilan dengan melihat postingan di Youtube.
Tugas 1
Mencari informasi (ruang lingkup, peluang dan
keberhasilan serta kegagalan usaha budidaya ikan konsumsi/hias) melalui
kunjungan lapang, wawancara pelaku budidaya pembenihan ikan di wilayah sekitar.
Tujuan
Peserta
didik diharapkan mampu:
✓
Menjelaskan ruang lingkup budidaya di wilayah
sekitar
✓
Menjelaskan peluang usaha
pembenihan ikan konsumsi/hias
✓
Menjelaskan factor-faktor
penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam usaha pembenihan ikan
Media
✓ Alat tulis
✓
Buku/kertas
Langkah-langkah
✓
Bacalah uraian materi di atas dengan seksama
✓
Buatlah daftar pertanyaan untuk
ditanyakan pada saat wawancara/kunjungan lapang pada pelaku budidaya
Tugas 2
Buatlah
rencana usaha budidaya pembenihan ikan hias (ikan guppy)
Tujuan
Peserta
didik diharapkan mampu:
Membuat rencana usaha pembenihan yang tepat
berdasarkan informasi yang didapat setelah melakukan wawancara dengan pelaku
budidaya pembenihan/petugas dinas perikanan
Media
✓ Alat tulis
✓
Buku/kertas
Langkah-langkah
Bacalah uraian materi di atas dengan seksama
✓
Carilah dan kunjungi pelaku budidaya pembenihan
ikan atau dinas perikanan yang ada
✓
di lingkungan anda!
✓
Wawancarailah, mintalah tips atau
strategi pada pelaku budidaya pembenihan ikan/petugas dinas perikanan untuk
memulai usaha pembenihan ikan.
Tugas 3
Buatlah budidaya ikan hias (ikan guppy) secara
berkelompok atau perorangan
No comments:
Post a Comment