RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP ..............................
Mata Pelajaran :
PRAKARYA
Kelas/Semester :
IX/Genap
Materi Pokok : Rangkaian Listrik
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Menghayati keberagaman produk rekayasa di
daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2
2.1
Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap
santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air
dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri,
dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin
dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi
saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir
3
3.1
3.2
3.3
3.4
Memahami prosedur konstruksi instalasi
listrik
4
4.1
4.2
4.3
4.4
Membuat model bangunan instalasi dengan
teknologi konstruksi berdasarkan kondisi di daerah setempat dan daerah lain
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukan sikap syukur keberagaman produk rekayasa di
daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
1.
1.1
2.1.1
Menunjukan sikap santun
dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman
karya rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada
produk Indonesia
2.1
2.2.1
Menunjukan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam
merancang dan membuat karya rekayasa
2.3
2.3.1
Menunjukan perilaku,
percaya diri, dalam merancang dan membuat karya rekayasa
2.3.2
Menunjukkan kemauan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan membuat karya rekayasa dengan memperhatikan
estetika produk akhir
3
3.2
3.3
3.4
3.4.1
Mengidentifikasi rangkaian
Seri
3.4.2
Mengidentifikasi
rangkaian parallel
4
4.2
4.3
4.4
4.4.1
Membuat Rangkaian Seri
dan Rangkaian Paralel
D.
Materi Pembelajaran
v Model
sederhana rangkaian instalasi listrik berdasarkan kondisi dan bahan daerah
setempat, meliputi:
v Wawasan produk model sederhana rangkaian instalasi
listrik
v Jenis produk model
sederhana rangkaian instalasi listrik dan
manfaatnya
v Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan model
sederhana rangkaian instalasi listrik
v Penyajian dan pengujian model sederhana
rangkaian instalasi listrik
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Model
Bangunan Instalasi Listrik
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Rangkaian
listrik
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Rangkaian listrik
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Rangkaian listrik
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Rangkaian listrik
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Rangkaian listrik
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Rangkaian listrik
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Rangkaian listrik
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Rangkaian listrik
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Rangkaian listrik
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Rangkaian listrik
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Rangkaian listrik
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Rangkaian listrik
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Rangkaian listrik
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Rangkaian listrik
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Rangkaian listrik
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Rangkaian listrik
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Rangkaian listrik
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Rangkaian
listrik
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Rangkaian
paralel
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Rangkaian paralel
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Rangkaian paralel
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Rangkaian paralel
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Rangkaian paralel
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Rangkaian paralel
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Rangkaian paralel
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Rangkaian paralel
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Rangkaian paralel
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Rangkaian paralel
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Rangkaian paralel
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Rangkaian paralel
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Rangkaian paralel
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Rangkaian paralel
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Rangkaian paralel
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Rangkaian paralel
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Rangkaian paralel
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Rangkaian paralel
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Rangkaian Seri
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Rangkaian Seri
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø
Rangkaian Seri
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Rangkaian Seri
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Rangkaian Seri
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Rangkaian Seri
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Rangkaian Seri
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Rangkaian Seri
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang
hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Rangkaian Seri
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Rangkaian Seri
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
-
Rangkaian Seri
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Rangkaian Seri
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Rangkaian Seri
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Rangkaian Seri
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Rangkaian Seri
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Rangkaian Seri
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Rangkaian Seri
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø Rangkaian Seri
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Membuat Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto
tentang
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
mengamati gambar /foto yang
berhubungan dengan
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta
mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta
menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai :
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Mempresentasikan ulang
Ø
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan
tentang
-
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Aktivitas :
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Membuat Rangkaian Seri dan
Rangkaian Paralel
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
5. Pertemuan Ke- 5 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu
Ø Membuat
Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Praktek
-
Pembuatan rangkaian seri
-
Pembuatan rangkaian seri
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topik Praktik
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø Pembuatan rangkaian seri
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Praktik membuat Miniatur Bangunan Modern
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati Prosedur / langkah
kerja mengenai
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø Pembuatan rangkaian seri
v Mendengar
Ø Sebelum melakukan Praktek peserta didik diminta
untuk mendengarkan Penjelasan / pemberian materi / petunjuk dari guru
tentang
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati obyek /
kejadian yang ada di lingkungan sekitar / masyarakat / sekolah/
laboratorium mengenai
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta untuk mengunjungi
laboratorium/ Perpustakaan/ bengkel yang ada dilingkungan sekitar sekolah
untuk mencari dan membaca mengenai langkah kerja
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Mengumpulkan informasi
Ø
Peserta didik diminta
untuk mengumpulkan informasi/data dan menulis pada buku catatan siswa,
informasi diperoleh dari buku/modul/internet dan sumber relevan lainnnya
mengenai
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Memperagakan/Praktek
Ø
Peserta didik diminta
melakukan
Praktik
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Aktivitas
Ø
Sebelum melakukan
Praktik peserta didik diminta untuk menyiapakan peralatan dan bahan yang
dibutuhkan dalam praktik
Ø
Sebelum melakukan
praktik peserta didik diminta untuk memperhatikan dan menerapkan
Keselamatan Kerja
Ø
Sebelum melakukan
praktik peserta didik diminta untuk membaca Prosedur / Petunjuk/ langkah-
langkah kerja
Ø
Buatlah laporan kegiatan
praktik secara ringkas dan jelas!
Ø
Buatlah rangkuman
pengetahuan yang siswa peroleh setelah mempelajari kegiatan
v Mendiskusikan
Ø
Sebelum melakukan
Praktik peserta didik diminta untuk berdiskusi dalam kelompok mengenai
langkah – langkah kerja
-
Pembuatan rangkaian
seri
-
Pembuatan rangkaian
seri
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan
koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Pembuatan rangkaian seri
Ø
Pembuatan rangkaian
seri
antara lain dengan :
|
|
60menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah.
- Mengagendakan
projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam
sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
10
menit
|
F. Penilaian
1.
Jenis/teknik Penilaian:
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam
melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan
bermusyawarah
-
Penilaian
Diri (self assessment)
-
Penilaian
Teman Sebaya peer assessment)
-
Penilaian
Jurnal (anecdotal record)
b.
Pengetahuan
-
Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk
mengetahui pemahaman siswa tentang Rangkaian Listrik
-
Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
-
Penugasan,
Membuat kesimpulan tentang Rangkaian Listrik
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi
sesuai perannya tentang Rangkaian Listrik
-
Penilaian
Proyek,
-
Penilaian
Produk,
-
Penilaian
Portofolio
-
Penilaian
Tertulis
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
d.
Pertemuan
Keempat
e.
Pertemuan
Kelima
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Remedial
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Pengayaan
Memberikan materi
tambahan tentang materi pembelajaran
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
Ø
Worksheet atau lembar kerja
(siswa)
Ø
Lembar penilaian
Ø
Laboratorium
komputer sekolah atau warnet
Ø
Perpustakaan
sekolah
Alat/Bahan :
Ø
Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø
Laptop
& infocus
Ø
Slde
presentasi (ppt)
Sumber Belajar :
Ø
Buku
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio-visual,
media maya (internet) dan produksi pengolahan bahan pangan ikan dan
daging putih atau merah menjadi makanan sesuai
lingkungan setempat
……………, 27 Juli 20…..
Mengetahui
Kepala SMP
.............................. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… XXXXX
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment