RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Aspek : Kerajinan
Kelas/Smester : VII/2 ( dua )
Kelas/Smester : VII/2 ( dua )
Materi Pokok : Kerajinan
Limbah Lunak Anorganik
Alokasi
Waktu : 4
Pertemuan (8 Jam)
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
|
KI.2
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata;
|
KI.4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.4.
|
Memahami pengetahuan
tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari
bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
3.4.5
3.4.6
3.4.7
|
Peserta
didik membaca buku siswa pada bagian D, proses produksi kerajinan bahan limbah
lunak anorganik yang kedua, yaitu kerajinan bahan limbah lunak anorganik.
Dalam hal ini, peserta didik mencoba memahami prosedur dan teknik pembuatan
kerajinan limbah lunak anorganik.
Guru
melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik.
Peserta
didik melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang
tersedia.
Peserta
didik mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik,
peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya
kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
Peserta
didik mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik,
dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
Peserta
didik mengalami dalam proses pembuatan kerajinan yang dipilihnya. Peserta
didik membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
Peserta
didik membuat rancangan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik
dan membuat keajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan dengan
bimbingan guru.
|
4.4.
|
Merancang, membuat,
dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas/plastik lembaran yang
kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat
.
|
4.4.1
4.4.2
4.4.3
4.4.4
4.4.5
4.4.6
4.4.7
4.4.8
4.4.9
|
Peserta
didik membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan mengikuti
persyaratan perancangan produk kerajinan.
Peserta
didik membuat produk bahan limbah lunak anorganik dengan baik dan sesuai
prosedur.
Peserta
didik membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
Guru
dapat membimbing pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan
membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan limbah
lunak anorganik. Terutama jika peserta didik menemui kesulitan.
Peserta
didik melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik
yang dibuatnya.
Peserta
didik mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang
dibuatnya.
Peserta
didik membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan limbah
lunak anorganik dan membuat kemasan.
Secara
berkelompok, peserta didik meng komunikasikan hasil produk kerajinan bahan limbah
lunak anorganik yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan
perbaikan.
Peserta
didik melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di
sekolah
secara berkelompok. Guru melakukan bimbingan.
|
* Nilai
karakter : Religius, Mandiri, Gotong royong, Integritas
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Kelima
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1. Teknik
pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik secara tepat dan gotong royong
2. Melakukan
demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik secara gotong royong
3. Melakukan
pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia secara gotong
royong
Pertemuan
Keenam
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1. Mengamati
teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik secara mandiri
2. Mengamati
beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, dan mengumpulkan
informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya secara mandiri
3. Membuat
rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik secara gotong
royong
4. Membuat
rancangan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik dan membuat
keajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan secara gotong
royong
Pertemuan
Ketujuh
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab,
peserta didik dapat:
1. Membuat
produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik secara tepat dan gotong royong
2. Membuat
karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab secara gotong
royong
3. Pembuatan
kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan membantu dari segi
langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik secara gotong
royong
Pertemuan
Kedelapan
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab,
peserta didik dapat:
1. Melakukan
finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang
dibuatnya secara mandiri
2. Mengamati produk kemasan secara mandiri
3. Membuat
rancangan kemasan secara
tepat dan gotong royong
4. Mengkomunikasikan
hasil produk kerajinan secara gotong royong
5. Melakukan
kegiatan penyelenggaraan pameran secara gotong royong
CATATAN :
Kalimat dengan TULISAN BIRU adalah kalimat yang termasuk “D (Degree) dan
Nilai Karakter”
D.
Materi
Pembelajaran
Materi Reguler
1. Memahami
prosedur dan teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
2. Melakukan
demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik
3. Melakukan
pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
4. Mengamati
teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
5. Mengamati
beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
6. Membuat
rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
7. Membuat
produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik
8. Membuat
karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab
9. Melakukan
finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik
Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular kerajinan pada
bidang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik yang belum di praktikan
Materi Remedial
a. Pembuatan kerajinan
dari limbah
lunak anorganik
b.
Prinsip
dalam pembuatan dari limbah lunak anorganik
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Model : Projek Based Learning ( PjBL )
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi
F.
Media, Bahan dan Alat
1. Media
1.1 Video
jenis-jenis limbah lunak anorganik serta cara pembuatannya;
1.2 Chart
/ gambar / File berisi slide-slide jenis-jenis limbah lunak anorganik cara
pembuatannya;
1.3 Lembar
Kerja Peserta didik tentang identifikasi jenis-jenis limbah lunak anorganik
1.4 Contoh beberapa produk olahan dari limbah
lunak anorganik
2. Bahan
2.1 Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk kegiatan identifikasi jenis-jenis limbah lunak anorganik.
2.1.1
Berbagai macam gambar jenis-jenis berupa plastik kemasan minuman, sedotan, plastik
bungkus detergen, dan plastik lembaran bekas potongan,
(hasil print dari internet, dan dari berbagai jenis media massa
2.1.2 Lembar
kerja peserta didik tentang identifikasi limbah lunak anorganik hasil olahannya
2.2. Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan limbah lunak
anorganik
Bahan utama : contoh Bahan pembuatan kerajinan limbah plastik; a. plastik kemasan, b.
sedotan, c. benang, d. retsleting, e. brisbane, dan f. kain pelapis
3. Alat
Alat pembuatan kerajinan limbah plastik terdiri dari
gunting, meteran, lem tembak, mesin jahit, dan jarum jahit tangan
(Sumber: Dokumen Kemendikbud)
Produk kerajinan limbah plastik; a. tas,
b. taplak sedotan, c. payung, d. jas huajan anak.
G.
Sumber Belajar
a.
Kemdikbud.
2017. Buku
Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
b. Kemdikbud.2017. Buku Peserta didik Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
c. https://prakarya-indramayu.blogspot.com
H.
Langkah
- Langkah Pembelajaran
Pertemuan Kelima
(2JP)
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
sekolah.
2.
Guru
Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan
membaca surat-surat pendek).
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
5.
Peserta didik
menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi
pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan sehari-hari
sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan materi pembelajaran untuk
pertemuan kelima
yaitu Teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik, Melakukan demontrasi pengolahan
bahan limbah lunak anorganik,
Melakukan
pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
7.
Guru menjelaskan lingkup penilaian
yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan
keterampilan). (meta kognitif)
8.
Guru menjelaskan aktifitas
pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek. (meta kognitif)
9.
Guru mengecek penguasaan awal
kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif
tentang limbah lunak anorganik, sebagai upaya mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak
siapakah diantara kalian yang tahu tentang pengertian limbah lunak anorganik dan dari mana bahan limbah lunak
anorganik berasal?” Kerajinan
limbah lunak anorganik apa saja yang kalian sukai? Anak-anak, topik
belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak
anorganik.
10. Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang kerajinan
yang terbuat dari bahan limbah lunak anorganik.
11. Guru
memfasilitasi peserta didik untuk dapat memprediksi jenis kerajinan limbah
lunak anorganik . (LK prediksi terlampir)
12. Guru
meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk
mengikuti pelajaran
|
8
Menit
|
Kegiatan
Inti
Langkah 1:
Penentuan Proyek
Langkah 2:
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian proyek
Langkah 3:
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan
|
Peserta didik bersama guru menentukan tema
proyek melalui diskusi interaktif misalnya: “Anak-anak, benda apa saja yang terbuat dari bahan limbah lunak
anorganik yang pernah kalian miliki?” Adakah produk kerajinan limbah
lunak anorganik yang ada di sekitarmu, di sekolah,di rumah atau di suatu
tempat di daerahmu?”
1. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran
berbasis proyek.
2. Peserta didik dan guru menyepakati jadwal
rencana pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
3. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang sistematika laporan proyek melalui
tayangan power point dari LCD proyektor.
4. Peserta didik dengan panduan guru membuat
kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan
mempertimbangkan karakteristik dan heterogenitas peserta didik.
1.
Setiap kelompok peserta didik membentuk
pengurus kelompok (ketua, sekretaris, bendahara, anggota).
1.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
berbelanja.
2.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal pembuatan kerajinan dari limbah lunak
anorganik.
3.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
penyusunan laporan.
4.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
presentasi laporan.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:
1.
Peserta didik membaca buku tentang kerajinan
limbah lunak anorganik, menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan limbah lunak
anorganik.
2. Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru
untuk mengamati gambar
dan meneliti dengan saksama, tentang limbah lunak anorganik, yang dengan membaca buku peserta didik dan panduan LK-3 (terlampir). Guru memfasilitasi peserta didik dalam
mengerjakan LK-3
dengan berkeliling ke setiap kelompok untuk membantu peserta didik yang
mengalami kesulitan.
3.
Peserta didik berdiskusi interaktif dengan
panduan guru untuk menyimpulkan tentang keragaman karya kerajinan limbah lunak anorganik, mengklasifikasikan tentang teknik
pembuatan kerajinan limbah
lunak anorganik, Melakukan demontrasi pengolahan
bahan limbah lunak anorganik,
Melakukan
pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
4.
Kelompok peserta didik yang paling banyak dalam menyatakan
pendapat tentang keragaman karya
kerajinan limbah lunak anorganik diminta melakukan
presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan
masukan atau tanggapan.
Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan
konfirmasi serta menyimpulkan hasil diskusi.
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
dengan mengevaluasi seluruh
aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
(meta kognitif)
2.
Guru
mengkonfirmasi hasil prediksi.
3.
Peserta didik menerima tugas dari guru untuk
mencari referensi tentang kerajinan limbah lunak anorganik dari berbagai
sumber,
misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajnan
bahan limbah lunak anorganik atau melalui browsing
internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
4. Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta
didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang Mengamati teknik
dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
5. Membaca do’a dan mengkondisikan
kelas ke semula.
6. Peserta didik melakukan salam
sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12 menit
|
CATATAN :
Tulis Tebal (bold) = HOTS
Cetak miring = Pembiasaan / PPK
Cetak miring underline = Literasi
Pertemuan Keenam (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
sekolah.
2.
Guru
Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca
Al-Qur’an.
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4. Guru
menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas
yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi
tentang Mengamati teknik
dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
Hasil tugas tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk
merencanakan pembuatan kerajinan yang terbuat dari limbah lunak anorganik..
5. Peserta didik menyimak penjelasan
guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan
sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6. Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang cakupan
kompetensi untuk pertemuan keenam
tentang Mengamati teknik
dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, Mengamati
beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, dan mengumpulkan
informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya, Membuat rancangan sebuah
produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, Membuat rancangan
kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik dan membuat keajinan
bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan.
7. Guru
menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran
(sikap, pengetahuan dan keterampilan).
8. Guru
menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan
pembelajaran Projek.
9. Guru
mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi
interaktif tentang kesukaan mereka
terhadap limbah lunak anorganik, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar
yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak
amati tampilan vidio berikut ini dan sebutkan bahan-bahan untuk membuat
kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik?” Anak-anak, topik belajar
kita adalah mengamati beberapa produk kerajinan dari limbah lunak anorganik?
10. Peserta
didik menjawab pertanyaaan guru tentang aneka kerajinan yang terbuat dari limbah
lunak anorganik.
11. Guru meminta peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
|
8 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Peserta didik secara berkelompok mengerjakan
tugas untuk mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik, rancangan pembuatan kerajinan (terlampir) tentang
teknik pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik dan tahapan pembuatan kerajinan
dari limbah lunak anorganik, meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/
pembuatan serta penyajian dan pengemasannya dengan menerapkan prinsif kepiawaian
dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya. Guru
memandu tugas peserta didik dengan menyediakan lembar kerja berupa rancangan pembuatan kerajinan (terlampir). Peserta didik menggunakan
referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah (referensi)
untuk mengerjakan tugas tersebut.
2.
Kelompok
peserta didik yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru
memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan
konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi
seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Peserta
didik menerima tugas dari guru untuk mencari
referensi tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dari
berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan melalui browsing internet agar dibawa pada
pertemuan berikutnya.
3.
Kegiatan
penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang
materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik.
4.
Peserta didik dibawah bimbingan guru
mengembalikan kondisi kelas ke semula.
5.
Peserta
didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah dan mengucapkan
terima kasih.
|
12
Menit
|
CATATAN: Tulis
Tebal (bold) = Literasi
Cetak miring =
Pembiasaan/ PPK
............ = PPK disertai Literasi
Pertemuan Ketujuh (2
JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
sekolah.
2.
Guru
Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan
membaca Al-Qur’an.
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapannya dalam
pembelajaran,
misalnya dengan guru menanyakan tentang kesulitan peserta didik dalam
mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan
sebelumnya.
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan
sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketujuh yaitu membuat produk kerajinan
bahan limbah lunak anorganik dengan
mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan.
7. Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis
proyek.
8. Guru meminta peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
|
8
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Setiap kelompok
peserta didik dengan panduan guru melakukan praktik pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak untuk:
a) Menentukan topik kerajinan limbah lunak
anorganik yang akan dibuatnya;
b) Menentukan bahan dasar kerajinan limbah
lunak anorganik yang akan dibuat;
c) Memutuskan bahan-bahan yang digunakan untuk
membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
d) Menentukan peralatan yang digunakan untuk
membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
e) Menentukan rancangan anggaran belanja dalam
membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
f) Memutuskan pembagian tugas/ kerja kelompok.
2. Setiap
kelompok peserta didik mempresentasikan hasil rancangannya di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta
memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan
diskusi.
3. Peserta didik menerima konfirmasi dari guru
sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
|
60
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Peserta
didik melakukan refleksi
dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
2. Peserta didik menerima tugas dari guru untuk
mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan dalam melakukan finishing pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
sesuai pembagian tugas dari masing-masing kelompok agar dibawa pada pertemuan
berikutnya.
3. Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta
didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4. Peserta
didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.
Peserta
didik berdo’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima
kasih.
|
12
menit
|
Pertemuan Kedelapan (2
JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam, mengajak
peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas
yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik
memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2. Guru Membimbing peserta didik
melaksanakan pembiasaan rutin
menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3. Guru mengecek kehadiran peserta
didik.
4.
Peserta
didik menjawab pertanyaan
dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik
finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah
lunak anorganik yang dibuatnya.
5.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang
dibuatnya
6. Peserta didik menyimak penjelasan dari guru
tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kedelapan yaitu Melakukan finishing
pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya.
7. Peserta didik menyimak penjelasan dari
guru tentang lingkup
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8. Peserta
didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan
projek pembuatan aneka ragam kerajinan dari limbah lunak anorganik.
|
8
menit
|
Kegiatan Inti
Langkah ke-4
Penyelesaian Proyek
dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru
|
1.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat rancangan kemasan dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh
guru untuk:
a)
Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik sesuai
dengan rancangan yang telah dibuat;
b)
Melakukan
persiapan peralatan pembuatan kerajinan dari bahan alam sesuai dengan
rancangan;
c)
Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan
dari limbah lunak anorganik alam sesuai dengan rancangan;
d)
Praktik
membuat kerajinan dari limbah lunak anorganik sesuai dengan rancangan dengan
menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam
penciptaan karyanya; dan
e)
Menyajikan
bahan-bahan kerajinan bahan limbah
lunak anorganik sesuai
dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan
prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan
karyanya.
2.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan limbah lunak anorganik alam
sesuai dengan rancangan;
3.
Peserta
didik dan guru melakukan evaluasi
bersama terhadap hasil praktik kerajinan limbah lunak anorganik alam
sesuai dengan rancangan. Peserta didik
mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data
yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi
seluruh aktivitas pembelajaran serta
menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Peserta
didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang
dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan limbah lunak
anorganik pada pertemuan berikutnya
3.
Kegiatan
penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang
penyusunan laporan pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
4.
Peserta didik dibawah bimbingan guru
mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.
Peserta
didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for learning and assessment of learning)
|
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa
(positif atau negatif) peserta didik.
b.
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1.
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan)
dengan jawaban terbuka
|
1.
Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud
dengan limbah lunak anorganik?
2.
Sebutkan mcam-macam kerajinan yang
terbuat dari limbah lunak anorganik?
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,
|
1.
Tuliskan yang dimaksud dengan limbah lunak
anorganik!
2.
Tuliskan 5 macam bahan untuk membuat kerajinan
dari limbah lunak anorganik!
|
Setelah pembelajaran
usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
3
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan
terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
Carilah cara pembuatan kerajinan dari limbah
lunak anorganik, lalu identifikasi sesuai dengan LK.
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment as learning)
|
c.
Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Proyek
|
Tugas/ Praktik
|
Buatlah satu macam
kerajinan dari limbah lunak anorganik dengan modifikasi bahan
penujang!
|
Selama atau usai
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as learning, and assessment of learning)
|
2
|
Portofolio
|
Sampel produk
terbaik dari tugas atau proyek
|
Buatlah laporan tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
yang kalian praktikkan!
|
Saat pembelajaran
usai
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran
ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan
tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan
perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah
mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam kerajinan limbah lunak anorganik
Indramayu,...................... Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMP Negeri
_______________________________
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran Prakarya
_________________________
NIP.
|
No comments:
Post a Comment