Wednesday, 4 December 2019

RPP KELAS 7/2 KERAJINAN (IKLANNYA DI KLIK YAAAA)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMP NEGERI
Mata Pelajaran            :  Prakarya
Aspek                          :  Kerajinan
Kelas/Smester             :  VII/2 ( dua )
Materi Pokok              :  Kerajinan Limbah Lunak Anorganik
Alokasi Waktu            :  4 Pertemuan (8 Jam)

A.      Kompotensi Inti
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.
Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif

3.4.1







3.4.2

3.4.3


3.4.4





3.4.5




3.4.6




3.4.7




Peserta didik membaca buku siswa pada bagian D, proses produksi kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang kedua, yaitu kerajinan bahan limbah lunak anorganik. Dalam hal ini, peserta didik mencoba memahami prosedur dan teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik.
Guru melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik.
Peserta didik melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
Peserta didik mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
Peserta didik mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
Peserta didik mengalami dalam proses pembuatan kerajinan yang dipilihnya. Peserta didik membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
Peserta didik membuat rancangan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik dan membuat keajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan dengan bimbingan guru.
4.4.
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas/plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat
.
4.4.1



4.4.2


4.4.3

4.4.4





4.4.5


4.4.6


4.4.7



4.4.8




4.4.9



Peserta didik membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan.
Peserta didik membuat produk bahan limbah lunak anorganik dengan baik dan sesuai prosedur.
Peserta didik membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
Guru dapat membimbing pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik. Terutama jika peserta didik menemui kesulitan.
Peserta didik melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya.
Peserta didik mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya.
Peserta didik membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan limbah lunak anorganik dan membuat kemasan.
Secara berkelompok, peserta didik meng komunikasikan hasil produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan.
Peserta didik melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di
sekolah secara berkelompok. Guru melakukan bimbingan.
* Nilai karakter : Religius, Mandiri, Gotong royong,  Integritas

C.    Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan Kelima
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik secara tepat dan gotong royong
2.      Melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik secara gotong royong
3.      Melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia secara gotong royong
Pertemuan Keenam
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik secara mandiri
2.      Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya secara mandiri
3.      Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik secara gotong royong
4.      Membuat rancangan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik dan membuat keajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan secara gotong royong

Pertemuan Ketujuh
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik secara tepat dan gotong royong
2.      Membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab secara gotong royong
3.      Pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik secara gotong royong

Pertemuan Kedelapan
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya secara mandiri
2.      Mengamati produk kemasan secara mandiri
3.      Membuat rancangan kemasan secara tepat dan gotong royong
4.      Mengkomunikasikan hasil produk kerajinan secara gotong royong
5.      Melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran secara gotong royong

CATATAN         :  Kalimat dengan TULISAN BIRU adalah kalimat yang termasuk “D (Degree) dan Nilai Karakter”
D.      Materi Pembelajaran
Materi Reguler
1.      Memahami prosedur dan teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
2.      Melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik
3.      Melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
4.      Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
5.      Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
6.      Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik
7.      Membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik
8.      Membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab
9.      Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik

Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular kerajinan pada bidang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik yang belum di praktikan

Materi Remedial
a.     Pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik
b.    Prinsip dalam pembuatan dari limbah lunak anorganik

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan   : Saintific
Model           : Projek Based Learning ( PjBL )
Metode         : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F.       Media, Bahan dan Alat
1.     Media
1.1     Video jenis-jenis limbah lunak anorganik serta cara pembuatannya;
1.2     Chart / gambar / File berisi slide-slide jenis-jenis limbah lunak anorganik cara pembuatannya;
1.3     Lembar Kerja Peserta didik tentang identifikasi jenis-jenis limbah lunak anorganik
1.4     Contoh beberapa produk olahan dari limbah lunak anorganik
2. Bahan
2.1  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan identifikasi jenis-jenis limbah lunak anorganik.
2.1.1  Berbagai macam gambar jenis-jenis berupa plastik kemasan minuman, sedotan, plastik bungkus detergen, dan plastik lembaran bekas potongan, (hasil print dari internet, dan dari berbagai jenis media massa
2.1.2    Lembar kerja peserta didik tentang identifikasi limbah lunak anorganik hasil olahannya
2.2.   Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
Bahan utama : contoh  Bahan pembuatan kerajinan limbah plastik; a. plastik kemasan, b. sedotan, c. benang, d. retsleting, e. brisbane, dan f. kain pelapis


3.  Alat
Alat pembuatan kerajinan limbah plastik terdiri dari gunting, meteran, lem tembak, mesin jahit, dan jarum jahit tangan 




Gambar Produk Kerajinan dari  limbah lunak anorganik yang sudah jadi










(Sumber: Dokumen Kemendikbud)
Produk kerajinan limbah plastik; a. tas, b. taplak sedotan, c. payung, d. jas huajan anak.
G.      Sumber Belajar
a.    Kemdikbud. 2017. Buku Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
b.    Kemdikbud.2017. Buku Peserta didik Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
c.    https://prakarya-indramayu.blogspot.com

H.      Langkah - Langkah Pembelajaran
Pertemuan Kelima (2JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.        Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek).
3.        Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.        Peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
5.        Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat  mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan kelima yaitu Teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik, Melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik, Melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
7.        Guru menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan). (meta kognitif)
8.        Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.  (meta kognitif)
9.        Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang limbah lunak anorganik, sebagai upaya mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak siapakah diantara kalian yang tahu tentang pengertian limbah lunak anorganik dan dari mana bahan limbah lunak anorganik berasal? Kerajinan limbah lunak anorganik apa saja yang kalian sukai? Anak-anak, topik belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
10.    Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang kerajinan yang terbuat dari bahan limbah lunak anorganik.
11.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk dapat memprediksi jenis kerajinan limbah lunak anorganik . (LK prediksi terlampir)
12.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 Menit
Kegiatan Inti




Langkah 1:
Penentuan Proyek








Langkah 2:
Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek





Langkah 3:
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan

Peserta didik bersama guru menentukan tema proyek melalui diskusi interaktif misalnya: “Anak-anak, benda apa saja yang terbuat dari bahan limbah lunak anorganik yang pernah kalian miliki? Adakah produk kerajinan limbah lunak anorganik yang ada di sekitarmu, di sekolah,di rumah atau di suatu tempat di daerahmu?
1.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek.
2.      Peserta didik dan guru menyepakati jadwal rencana pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik
3.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sistematika laporan proyek melalui tayangan power point dari LCD proyektor.
4.      Peserta didik dengan panduan guru membuat kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan mempertimbangkan karakteristik dan heterogenitas peserta didik.
1.   Setiap kelompok peserta didik membentuk pengurus kelompok (ketua, sekretaris, bendahara, anggota).
1.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal berbelanja.
2.      Peserta didik bersama guru menentukan jadwal pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik.
3.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal penyusunan laporan.
4.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal presentasi laporan.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:
1.      Peserta didik membaca buku tentang kerajinan limbah lunak anorganik, menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan limbah lunak anorganik.
2.      Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru untuk mengamati gambar dan meneliti dengan saksama, tentang limbah lunak anorganik, yang dengan membaca buku peserta didik dan panduan LK-3 (terlampir). Guru memfasilitasi peserta didik dalam mengerjakan LK-3 dengan berkeliling ke setiap kelompok untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.
3.      Peserta didik berdiskusi interaktif dengan panduan guru untuk menyimpulkan tentang keragaman karya kerajinan limbah lunak anorganik, mengklasifikasikan tentang teknik pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik, Melakukan demontrasi pengolahan bahan limbah lunak anorganik, Melakukan pengolahan bahan limbah lunak anorganik sesuai bahan yang tersedia.
4.      Kelompok peserta didik yang paling banyak dalam menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan limbah lunak anorganik diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi serta menyimpulkan hasil diskusi.
60 menit
Kegiatan Penutup

1.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. (meta kognitif)
2.   Guru mengkonfirmasi hasil prediksi.
3.   Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang kerajinan limbah lunak anorganik dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajnan bahan limbah lunak anorganik atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
4.   Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
5.   Membaca do’a dan mengkondisikan kelas ke semula.
6.   Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit
CATATAN                      :
Tulis Tebal (bold)           = HOTS
Cetak miring                    =  Pembiasaan / PPK
Cetak miring underline    =  Literasi

Pertemuan Keenam (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.    Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi tentang Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik. Hasil tugas tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk merencanakan pembuatan kerajinan yang terbuat dari limbah lunak anorganik..
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang  cakupan kompetensi untuk pertemuan keenam tentang Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya, Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik, Membuat rancangan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik norganik dan membuat keajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai rancangan.
7.    Guru menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
8.    Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.
9.    Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang kesukaan mereka terhadap limbah lunak anorganik, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak amati tampilan vidio berikut ini dan sebutkan bahan-bahan untuk membuat kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik?” Anak-anak, topik belajar kita adalah mengamati beberapa produk kerajinan dari limbah lunak anorganik?
10.     Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang aneka kerajinan yang terbuat dari limbah lunak anorganik.
11.     Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 menit

Kegiatan Inti















1.    Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas untuk mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik, rancangan pembuatan kerajinan (terlampir) tentang teknik pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik dan tahapan pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik, meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan serta penyajian dan pengemasannya dengan menerapkan prinsif kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya. Guru memandu tugas peserta didik dengan menyediakan lembar kerja berupa rancangan pembuatan kerajinan (terlampir). Peserta didik menggunakan referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah (referensi) untuk mengerjakan tugas tersebut.
2.    Kelompok peserta didik yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.

60 menit
















Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kondisi kelas ke semula.
5.    Peserta didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah dan mengucapkan terima kasih.
12 Menit

CATATAN:       Tulis Tebal (bold)      = Literasi
                             Cetak miring                           =  Pembiasaan/ PPK
............                         =  PPK disertai Literasi

Pertemuan Ketujuh (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.    Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapannya dalam pembelajaran, misalnya dengan guru menanyakan tentang kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketujuh yaitu membuat produk kerajinan bahan limbah lunak anorganik dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan.
7.    Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.
8.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 Menit
Kegiatan Inti
1.  Setiap kelompok peserta didik dengan panduan guru melakukan praktik pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak untuk:
a)    Menentukan topik kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
b)   Menentukan bahan dasar kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuat;
c)    Memutuskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
d)   Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
e)    Menentukan rancangan anggaran belanja dalam membuat kerajinan limbah lunak anorganik yang akan dibuatnya;
f)    Memutuskan pembagian tugas/ kerja kelompok.
2.    Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan hasil rancangannya di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi.
3.    Peserta didik menerima konfirmasi dari guru sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
60 Menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan dalam melakukan finishing pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik sesuai pembagian tugas dari masing-masing kelompok agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.    Peserta didik berdo’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


Pertemuan Kedelapan (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

1.       Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.       Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.       Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.     Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya
6.    Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kedelapan yaitu Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan limbah lunak anorganik yang dibuatnya.
7.     Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8.    Peserta didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pembuatan aneka ragam kerajinan dari limbah lunak anorganik.
8 menit
Kegiatan Inti
Langkah ke-4

Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru

1.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat rancangan kemasan dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)         Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik sesuai dengan rancangan yang telah dibuat;
b)        Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan dari bahan alam sesuai dengan rancangan;
c)          Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan dari limbah lunak anorganik alam sesuai dengan rancangan;
d)        Praktik membuat kerajinan dari limbah lunak anorganik sesuai dengan rancangan dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya; dan
e)         Menyajikan bahan-bahan kerajinan bahan limbah lunak anorganik sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
2.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan limbah lunak anorganik alam sesuai dengan rancangan;
3.         Peserta didik dan guru melakukan evaluasi bersama terhadap hasil praktik kerajinan limbah lunak anorganik alam sesuai dengan rancangan. Peserta didik mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
60 menit

Penutup

1.         Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.         Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik pada pertemuan berikutnya
3.         Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang penyusunan laporan pembuatan kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik.
4.         Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.         Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


I.     Penilaian
1.  Teknik penilaian
a.  Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal


Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.
b.  Pengetahuan                             
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1.
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
1.      Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan limbah lunak anorganik?
2.      Sebutkan mcam-macam kerajinan yang terbuat dari limbah lunak anorganik?
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
2
Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,
1.      Tuliskan yang dimaksud dengan limbah lunak anorganik!
2.      Tuliskan 5 macam bahan untuk membuat kerajinan dari limbah lunak anorganik!
Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
3
Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
Carilah cara pembuatan kerajinan dari limbah lunak anorganik, lalu identifikasi sesuai dengan LK.
Saat pembelajaran berlangsung
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment as learning)
c.   Keterampilan                
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Proyek
Tugas/ Praktik
Buatlah satu macam kerajinan dari limbah lunak anorganik dengan modifikasi bahan penujang!
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as learning, and assessment of learning)
2
Portofolio
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
Buatlah laporan tentang pembuatan kerajinan limbah lunak anorganik yang kalian praktikkan!
Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

2.         Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.    Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
b.    Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
c.    Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.

3.        Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam kerajinan limbah lunak anorganik
                       Indramayu,...................... Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMP Negeri



_______________________________
NIP.

Guru Mata Pelajaran Prakarya



_________________________
NIP.



No comments:

Post a Comment

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...