Friday, 29 November 2019

RPP PRAKARYA KERAJINAN KELAS 9 SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMPN 1 PLOSOKLATEN
Mata Pelajaran            :  Prakarya
Aspek                          :  Kerajinan
Kelas/Smester             :  IX/2
Materi Pokok              :  Kerajinan Berbasis Media Campuran
Alokasi Waktu            :  5 Pertemuan (10 Jam)

A.      Kompotensi Inti
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.
Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan logam, batu dan plastik
3.3.1





3.3.2


3.3.3



3.3.4




3.3.5





3.3.6



3.3.7


3.3.8




3.3.9



Peserta didik membaca buku siswa, peserta didik memahami pengertian bahan berbasis media campuran dan dari mana bahan berbasis media campuran berasal, jenis dan karakteristik bahan berbasis media campuran.
Guru melakukan diskusi bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan berbasis media campuran.
Peserta didik melakukan observasi bahan berbasis media campuran, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya).
Peserta didik, memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran, mempraktekkan uji coba pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.
Peserta didik mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan berbasis media campuran, peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
Peserta didik mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
Peserta didik melakukan tugas 4 tentang identifikasi karakteristik bahan berbasis media campuran.
Peserta didik mengalami dalam proses pembuatan kerajinan yang dipilihnya, peserta didik membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
Peserta didik membuat rancangan kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan membuat kerajinan bahan berbasis media campuran sesuai rancangan dengan bimbingan guru.
4.3.
Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan logam, batu atau plastik yang sesuai dengan potensi daerah setempat
4.3.1


4.3.2



4.3.3


4.3.4

4.3.5
4.4.6






Peserta didik melakukan tugas 5 yaitu menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran.
Peserta didik membuat produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan.
Peserta didik membuat produk bahan berbasis media campuran dengan baik dan sesuai prosedur.
Peserta didik membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
Guru membimbing pembuatan kerajinan.
Guru dapat membimbing pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran. Terutama jika peserta didik menemui kesulitan.
3.4
Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan logam, batu dan plastik yang kreatif dan inovatif
3.4.1



3.4.2


3.4.3
Peserta didik melakukan proses penyederhanaan atau penggayaan bentuk dapat pula merubah bentuk asal dari sebuah produk kerajinan.
Peserta didik membuat membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rancangan.
Guru melakukan bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik.
Peserta didik belajar bersama sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.
4.4
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan logam, batu dan atau plastik yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat
4.4.1


4.4.2


4.4.3



4.4.5




4.4.6
Peserta didik melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya.
Peserta didik mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya.
Peserta didik membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan berbasis media campuran dan membuat kemasan.
Secara berkelompok peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan.
Peserta didik melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di sekolah secara berkelompok. Guru melakukan bimbingan.
* Nilai karakter : Religius, Mandiri, Gotong royong,  Integritas

C.    Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Memahami pengertian bahan berbasis media campuran dan dari mana bahan berbasis media campuran berasal, jenis dan karakteristik bahan berbasis media campuran.
2.      Diskusi bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan berbasis media campuran.
3.      Melakukan observasi bahan berbasis media campuran, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya).
4.      Memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran, mempraktekkan uji coba pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.

Pertemuan Kedua
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan berbasis media campuran, peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
2.      Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
3.      Mengidentifikasi karakteristik bahan berbasis media campuran.
4.      Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
5.      Membuat rancangan kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan membuat kerajinan bahan berbasis media campuran sesuai rancangan

Pertemuan Ketiga
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran.
2.      Membuat produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan.
3.      Membuat produk bahan berbasis media campuran dengan baik dan sesuai prosedur.
4.      Membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
5.      Pembuatan kerajinan.
6.      Pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran.

Pertemuan Keempat
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Melakukan proses penyederhanaan atau penggayaan bentuk dapat pula merubah bentuk asal dari sebuah produk kerajinan.
2.      Membuat membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rancangan.
3.      Melakukan bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik.
4.      Belajar bersama sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.

Pertemuan Kelima
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya.
2.      Mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya.
3.      Membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan berbasis media campuran dan membuat kemasan.
4.      Berkelompok peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan.
5.      Melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di sekolah secara berkelompok.

D.      Materi Pembelajaran
Materi Reguler
1.      Menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan berbasis media campuran sebagai ungkapan rasa bangga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa.
2.      Memahami pengertian, sejarah, jenis, sifat dari karakteristik dari bahan berbasis media campuran berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.      Mengalami teknik pengolahan, prinsip perancangan, prosedur pembuatan dan penyajian/kemasan bahan berbasis media campuran berdasarkan karakter yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
4.      Merancang, membuat, menguji, dan mengkomunikasikan produk kerajinan bahan.
5.      Berbasis media campuran daerah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri, dengan disiplin dan tanggung jawab.

Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular kerajinan pada bidang pembuatan kerajinan berbasis media campuran.

Materi Remedial
a.     Pembuatan kerajinan berbasis media campuran
b.    Prinsip dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan   : Saintific
Model           : Projek Based Learning ( PjBL )
Metode         : Ceramah, tanya jawab, diskusi

F.       Media, Bahan dan Alat
1.     Media
1.1     Video jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran serta cara pembuatannya;
1.2     Chart / gambar / File berisi slide-slide jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran cara pembuatannya;
1.3     Lembar Kerja Peserta didik tentang identifikasi jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran
1.4     Contoh beberapa produk kerajinan berbasis media campuran
2. Bahan
2.1 Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan identifikasi jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran.
2.1.1  Berbagai macam gambar jenis-jenis berupa kayu, batu, logam, keramik, kulit, serat, dan sebagainya (hasil print dari internet, dan dari berbagai jenis media massa).
2.1.2  Lembar kerja peserta didik tentang identifikasi kerajinan berbasis media campuran hasil olahannya
2.2.   Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan berbasis media campuran
Bahan utama : contoh batu, logam, plastik, kayu, keramik, dan sebagainya
3.  Alat
Peralatan yang di butuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan berbasis media campuran
1.        Kerajinan Batu
Pembuatan kerajinan batu membutuhkan alat khusus mulai alat pahat, gerinda, mesin pemotong batu dan sebagainya











2.       Kerajinan logam
Pembuatan kerajinan logam membutuhkan alat khusus yang dari mulai alat penggiling logam menjadi plat, alat patri, tang lancip, penjepit dan sebagainya






3.         Kerajinan Dari Plastik
Pembuatan kerajinan plastik tidak membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah gunting, namun jika ingin digiling atau dipress maka perlu alat khusus, dapat pula dipanaskan agar dapat dicetak











4.        Kerajinan Kayu
Pembuatan kerajinan kayu tidak membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah pahat, amplas, gergaji kayu, mesin bubut dan sebagainya
 









5.        Kerajinan Keramik
butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan (handwheell), alat putar kaki, (kickwheell), tungku pembakaran dan sebagainya


















G.      Sumber Belajar
a.    Kemdikbud. 2018. Buku Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
b.    Kemdikbud.2018. Buku Peserta didikPrakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
c.    https://prakarya-indramayu.blogspot.com

H.      Langkah - Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.        Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.        Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.        Peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
5.        Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama yaitu tentang pengertian bahan berbasis media campuran dan dari mana bahan berbasis media campuran berasal, jenis dan karakteristik bahan berbasis media campuran, Diskusi bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan berbasis media campuran, Melakukan observasi bahan berbasis media campuran, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya), Memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran, mempraktekkan uji coba pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.
7.        Guru menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan). (meta kognitif)
8.        Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.  (meta kognitif)
9.        Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang berbasis media campuran, sebagai upaya mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak siapakah diantara kalian yang tahu pengertian bahan berbasis media campuran?”  Kerajinan berbasis media campuran apa saja yang kalian sukai? Anak-anak, topik belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
10.    Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang kerajinan berbasis media campuran.
11.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk dapat Mengidentifikasi kerajinan berbasis media campuran dengan penyederhanaan. (LK prediksi terlampir)
12.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 Menit
Kegiatan Inti
Langkah 1:
Penentuan Proyek



Langkah 2:
Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek








Langkah 3:
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan

Peserta didik bersama guru menentukan tema proyek melalui diskusi interaktif misalnya: ”Anak-anak, benda apa saja yang terbuat dari kerajinan berbasis media campuran yang pernah kalian miliki? Adakah produk kerajinan berbasis media campuran yang ada di sekitarmu, di sekolah, di rumah atau di suatu tempat di daerahmu?
1.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek.
2.      Peserta didik dan guru menyepakati jadwal rencana pembuatan kerajinan berbasis media campuran
3.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sistematika laporan proyek melalui tayangan power point dari LCD proyektor.
4.      Peserta didik dengan panduan guru membuat kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan mempertimbangkan karakteristik dan heterogenitas peserta didik.
1.   Setiap kelompok peserta didik membentuk pengurus kelompok (ketua, sekretaris, bendahara, anggota).
1.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal berbelanja.
2.      Peserta didik bersama guru menentukan jadwal pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
3.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal penyusunan laporan.
4.      Peserta didik bersama guru  menentukan jadwal presentasi laporan.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:
1.      Peserta didik membaca buku tentang kerajinan berbasis media campuran, menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan berbasis media campuran.
2.      Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru untuk mengamati gambar dan meneliti dengan saksama, tentang kerajinan berbasis media campuran, yang dengan membaca buku peserta didik dan panduan LK-1 (terlampir). Guru memfasilitasi peserta didik dalam mengerjakan LK-1 dengan berkeliling ke setiap kelompok untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.
3.      Peserta didik berdiskusi interaktif dengan panduan guru untuk menyimpulkan tentang keragaman karya kerajinan berbasis media campuran, mengklasifikasikan tentang kerajinan berbasis media campuran.
4.      Kelompok peserta didik yang paling banyak dalam menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan berbasis media campuran diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi serta menyimpulkan hasil diskusi.
60 menit
Kegiatan Penutup

1.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.  (meta kognitif)
2.   Guru mengkonfirmasi hasil prediksi.
3.   Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang kerajinan berbasis media campuran dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajnan berbasis media campuran atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
4.   Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang aneka kerajinan berbasis media campuran.
5.   Membaca do’a dan mengkondisikan kelas ke semula.
6.   Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit
CATATAN                      :  
Tulis Tebal (bold)           = HOTS
Cetak miring                    =  Pembiasaan / PPK        
Cetak miring underline    =  Literasi

Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.        Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.        Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.        Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi tentang produk kerajinan berbasis media campuran. Hasil tugas tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk merencanakan pembuatan kerajinan berbasis media campuran..
5.        Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang  cakupan kompetensi untuk pertemuan kedua yaitu Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan berbasis media campuran, peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan dari bahan berbasis media campuran, Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya, Mengidentifikasi karakteristik bahan berbasis media campuran, Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran, Membuat rancangan kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan membuat kerajinan bahan berbasis media campuran sesuai rancangan.
6.        Guru menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
7.        Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.
8.        Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang kesukaan mereka terhadap berbasis media campuran, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: Anak-anak amati tampilan Vidio kerajinan berbasis media campuran, sebutkan bahan-bahan untuk membuat kerajinan berbasis media campuran? Dan bagaimana proses pembuatan kerajinan berbasis media campuran Anak-anak, topik belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran?
9.        Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang aneka kerajinan berbasis media campuran.
10.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 menit

Kegiatan Inti















1.     Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas untuk mengidentifikasi jenis kerajinan berbasis media campuran, mengerjakan LK tentang teknik pembuatan kerajinan berbasis media campuran dan tahapan pembuatan kerajinan berbasis media campuran, meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan serta penyajian dan pengemasannya dengan menerapkan prinsif kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya. Guru memandu tugas peserta didik dengan menyediakan lembar kerja (LK-2, terlampir). Peserta didik menggunakan referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah (referensi) untuk mengerjakan tugas tersebut.
2.     Kelompok peserta didik yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas, peserta didik lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.

60 menit
















Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajinan bahan alam atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran, membuat produk bahan keras alam dengan baik dan sesuai prosedur.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kondisi kelas ke semula.
5.    Peserta didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah dan mengucapkan terima kasih.
12 Menit

CATATAN:       Tulis Tebal (bold)      = Literasi
                             Cetak miring                           =  Pembiasaan/ PPK
............                         =  PPK disertai Literasi

Pertemuan Ketiga (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.    Peserta didik menjawab pertanyaandari guru tentang kesiapannya dalam pembelajaran, misalnya dengan guru menanyakan tentang kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketiga yaitu Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran, Membuat produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan, Membuat produk bahan berbasis media campuran dengan baik dan sesuai prosedur, Membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab, Pembuatan kerajinan, Pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran
7.    Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.
8.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 Menit
Kegiatan Inti
1.   Setiap kelompok peserta didik dengan panduan guru merancang pembuatan bahan dasar kerajinan  dengan mengerjakan LK-3 untuk:
a)    Menentukan topik kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
b)   Menentukan bahan dasar kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuat;
c)    Memutuskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
d)   Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
e)    Menentukan rancangan anggaran belanja dalam membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
f)    Memutuskan pembagian tugas/ kerja kelompok.
2.    Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan hasil rancangannya di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi.
3.    Peserta didik menerima konfirmasi dari guru sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
60 Menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan dalam praktik pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai pembagian tugas dari masing-masing kelompok agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni praktik pembuatan kerajinan yang terbuat dari berbasis media campuran.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.    Peserta didik berdo’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

1.       Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.       Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.       Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.     Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik membuat kerajinan berbasis media campuran, misalnya bertanya mengenai kelengkapan bahan dan alat yang akan digunakan.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari alam dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.    Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan keempat yaitu Melakukan proses penyederhanaan atau penggayaan bentuk dapat pula merubah bentuk asal dari sebuah produk kerajinan, Membuat membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rancangan, Melakukan bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik, Belajar bersama sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.
7.     Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8.    Peserta didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pembuatan aneka ragam kerajinan berbasis media campuran.
8 menit
Kegiatan Inti
Langkah ke-4

Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru

1.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)   Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat;
b)   Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
c)   Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan dari berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
d)   Praktik membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya; dan
e)   Menyajikan bahan-bahan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
2.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
3.         Peserta didik dan guru melakukan evaluasi bersama terhadap hasil praktik kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan. Peserta didik mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
60 menit

Penutup

1.          Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.          Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media campuran pada pertemuan berikutnya
3.          Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
4.          Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.          Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


Pertemuan Kelima (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

1.     Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.     Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.     Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.     Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik membuat kerajinan berbasis media campuran, misalnya bertanya mengenai kelengkapan bahan dan alat yang akan digunakan.
5.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari alam dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.     Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kelima yaitu Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya, Mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya. Membuat rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan berbasis media campuran dan membuat kemasan, Berkelompok peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan, Melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di sekolah secara berkelompok
7.     Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8.     Peserta didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pembuatan aneka ragam kerajinan berbasis media campuran.
8 menit
Kegiatan Inti
Langkah ke-4

Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru

4.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)       Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat;
b)      Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
c)       Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan dari berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
d)      Praktik membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya; dan
e)       Menyajikan bahan-bahan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
5.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
6.         Peserta didik dan guru melakukan evaluasi bersama terhadap hasil praktik kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan. Peserta didik mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
60 menit

Penutup

1.        Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media campuran
3.        Kegiatan penutup diakhiri Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
4.        Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


I.     Penilaian
1.  Teknik penilaian
a.  Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal


Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.

b.  Pengetahuan                             
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1.
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
1.      Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan berbasis media campuran?
2.      Sebutkan mcam-macam kerajinan berbasis media campuran?
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
2
Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,
9.      Tuliskan yang dimaksud dengan kerajinan berbasis media campuran!
2.      Tuliskan 4 macam bahan untuk membuat kerajinan berbasis media campuran!
Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
3
Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
Carilah cara pembuatan kerajinan berbasis media campuran, lalu identifikasi sesuai dengan LK.
Saat pembelajaran berlangsung
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment as learning)


c.    Keterampilan                
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Proyek
Tugas/ Praktik
Buatlah satu macam kerajinan dari berbasis media campuran dengan modifikasi bahan penujang!
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as learning, and assessment of learning)
2
Portofolio
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
Buatlah laporan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran yang kalian praktikkan!
Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

2.         Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.    Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
b.    Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
c.    Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.

3.        Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam kerajinan berbasis media campuran


                       Indramayu,         Jan 2020
Mengetahui
Kepala 



...........................................................
NIP. ..................................................

Guru Mata Pelajaran Prakarya



...........................................................
NIP. ..................................................

















No comments:

Post a Comment

Blog Perangkat

RPP KERAJINAN BAHAN LUNAK

KOMENTAR UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU RENCANA PELAKSANAAN  PEM BELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        : SMP  Mata Pe...