RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Aspek : Kerajinan
Kelas/Smester : IX/2
Kelas/Smester : IX/2
Materi Pokok : Kerajinan
Berbasis Media Campuran
Alokasi
Waktu : 5 Pertemuan (10 Jam)
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
|
KI.2
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata;
|
KI.4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
||
3.3.
|
Memahami
pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan logam,
batu dan plastik
|
3.3.1
3.3.2
3.3.3
3.3.4
3.3.5
3.3.6
3.3.7
3.3.8
3.3.9
|
Peserta
didik membaca buku siswa, peserta didik memahami pengertian bahan berbasis
media campuran dan dari mana bahan berbasis media campuran berasal, jenis dan
karakteristik bahan berbasis media campuran.
Guru
melakukan diskusi bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan
berbasis media campuran.
Peserta
didik melakukan observasi bahan berbasis media campuran, baik secara langsung
maupun tidak langsung (melalui buku, film, dan sebagainya).
Peserta
didik, memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran,
mempraktekkan uji coba pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.
Peserta
didik mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan berbasis media
campuran, peserta didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam
berkarya kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
Peserta
didik mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran
dan mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
Peserta
didik melakukan tugas 4 tentang identifikasi karakteristik bahan berbasis
media campuran.
Peserta
didik mengalami dalam proses pembuatan kerajinan yang dipilihnya, peserta
didik membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan berbasis media
campuran.
Peserta
didik membuat rancangan kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan
membuat kerajinan bahan berbasis media campuran sesuai rancangan dengan
bimbingan guru.
|
4.3.
|
Memilih
jenis bahan dan teknik pengolahan bahan logam, batu atau plastik yang sesuai
dengan potensi daerah setempat
|
4.3.1
4.3.2
4.3.3
4.3.4
4.3.5
4.4.6
|
Peserta
didik melakukan tugas 5 yaitu menganalisa produk kerajinan berbasis media
campuran.
Peserta
didik membuat produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti
persyaratan perancangan produk kerajinan.
Peserta
didik membuat produk bahan berbasis media campuran dengan baik dan sesuai
prosedur.
Peserta
didik membuat karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
Guru
membimbing pembuatan kerajinan.
Guru
dapat membimbing pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran dengan
membantu dari segi langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan berbasis
media campuran. Terutama jika peserta didik menemui kesulitan.
|
3.4
|
Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, dan
penyajian produk kerajinan dari bahan logam, batu dan plastik yang kreatif
dan inovatif
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
|
Peserta
didik melakukan proses penyederhanaan atau penggayaan bentuk dapat pula
merubah bentuk asal dari sebuah produk kerajinan.
Peserta
didik membuat membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan
rancangan.
Guru
melakukan bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik.
Peserta
didik belajar bersama sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.
|
4.4
|
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan
dari bahan logam, batu dan atau plastik yang kreatif dan inovatif sesuai
dengan potensi daerah setempat
|
4.4.1
4.4.2
4.4.3
4.4.5
4.4.6
|
Peserta didik melakukan finishing pada pembuatan kerajinan
bahan berbasis media campuran yang dibuatnya.
Peserta didik mengamati produk kemasan yang cocok
untuk produk kerajinan yang dibuatnya.
Peserta didik membuat rancangan kemasan yang sesuai
dengan produk kerajinan berbasis media campuran dan membuat kemasan.
Secara berkelompok peserta didik mengkomunikasikan
hasil produk kerajinan bahan berbasis media campuran yang dibuatnya dan
berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan.
Peserta didik melakukan kegiatan penyelenggaraan
pameran akhir tahun di sekolah secara berkelompok. Guru melakukan bimbingan.
|
* Nilai karakter : Religius, Mandiri, Gotong royong, Integritas
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1. Memahami
pengertian bahan berbasis media campuran dan dari mana bahan berbasis media
campuran berasal, jenis dan karakteristik bahan berbasis media campuran.
2. Diskusi
bersama peserta didik untuk membahas mengenai prinsip bahan berbasis media
campuran.
3. Melakukan
observasi bahan berbasis media campuran, baik secara langsung maupun tidak
langsung (melalui buku, film, dan sebagainya).
4. Memperhatikan
demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran, mempraktekkan uji coba
pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.
Pertemuan
Kedua
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta
didik dapat:
1. Mengamati
teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan berbasis media campuran, peserta
didik menentukan jenis teknik dasar yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan
dari bahan berbasis media campuran.
2. Mengamati
beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan mengumpulkan
informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya.
3. Mengidentifikasi
karakteristik bahan berbasis media campuran.
4. Membuat
rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran.
5. Membuat
rancangan kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan membuat kerajinan
bahan berbasis media campuran sesuai rancangan
Pertemuan
Ketiga
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab,
peserta didik dapat:
1. Menganalisa
produk kerajinan berbasis media campuran.
2. Membuat
produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti persyaratan
perancangan produk kerajinan.
3. Membuat
produk bahan berbasis media campuran dengan baik dan sesuai prosedur.
4. Membuat
karya hingga tuntas dengan jujur dan tanggung jawab.
5. Pembuatan
kerajinan.
6. Pembuatan
kerajinan bahan berbasis media campuran dengan membantu dari segi
langkah-langkah teknik pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran.
Pertemuan
Keempat
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab,
peserta didik dapat:
1. Melakukan
proses penyederhanaan atau penggayaan bentuk dapat pula merubah bentuk asal
dari sebuah produk kerajinan.
2. Membuat
membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rancangan.
3. Melakukan
bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik.
4. Belajar
bersama sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.
Pertemuan
Kelima
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab,
peserta didik dapat:
1.
Melakukan
finishing pada pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran yang
dibuatnya.
2.
Mengamati
produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan yang dibuatnya.
3.
Membuat
rancangan kemasan yang sesuai dengan produk kerajinan berbasis media campuran
dan membuat kemasan.
4.
Berkelompok
peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan berbasis media
campuran yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan.
5.
Melakukan
kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di sekolah secara berkelompok.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi Reguler
1. Menyatakan
pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan berbasis media campuran
sebagai ungkapan rasa bangga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa.
2. Memahami
pengertian, sejarah, jenis, sifat dari karakteristik dari bahan berbasis media
campuran berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3. Mengalami
teknik pengolahan, prinsip perancangan, prosedur pembuatan dan
penyajian/kemasan bahan berbasis media campuran berdasarkan karakter yang dapat
dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat.
4. Merancang,
membuat, menguji, dan mengkomunikasikan produk kerajinan bahan.
5. Berbasis
media campuran daerah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat
berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri, dengan
disiplin dan tanggung jawab.
Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular kerajinan pada
bidang pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
Materi Remedial
a. Pembuatan kerajinan berbasis
media campuran
b.
Prinsip
dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Model : Projek Based Learning ( PjBL )
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi
F.
Media,
Bahan dan Alat
1. Media
1.1 Video
jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran serta cara pembuatannya;
1.2 Chart
/ gambar / File berisi slide-slide jenis-jenis kerajinan berbasis media
campuran cara pembuatannya;
1.3 Lembar
Kerja Peserta didik tentang identifikasi jenis-jenis kerajinan berbasis media
campuran
1.4 Contoh beberapa produk kerajinan berbasis
media campuran
2. Bahan
2.1 Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan
identifikasi jenis-jenis kerajinan berbasis media campuran.
2.1.1
Berbagai macam gambar jenis-jenis berupa
kayu, batu, logam, keramik, kulit, serat, dan sebagainya (hasil print dari
internet, dan dari berbagai jenis media massa).
2.1.2 Lembar kerja peserta didik tentang
identifikasi kerajinan berbasis media campuran hasil olahannya
2.2. Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan berbasis media
campuran
Bahan utama : contoh batu, logam, plastik, kayu, keramik, dan
sebagainya
3. Alat
Peralatan
yang di butuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan berbasis media
campuran
1.
Kerajinan Batu
2.
Kerajinan logam
3.
Kerajinan Dari Plastik
4.
Kerajinan Kayu
Pembuatan kerajinan kayu tidak
membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah pahat, amplas, gergaji
kayu, mesin bubut dan sebagainya
5.
Kerajinan Keramik
G.
Sumber Belajar
a.
Kemdikbud.
2018. Buku Guru Prakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
b. Kemdikbud.2018. Buku Peserta didikPrakarya SMP/ MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kemdikbud RI.
c. https://prakarya-indramayu.blogspot.com
H.
Langkah
- Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
sekolah.
2.
Guru
Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu
Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
5.
Peserta didik
menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi
pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dalam kehidupan sehari-hari
sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan materi pembelajaran untuk
pertemuan pertama yaitu tentang pengertian bahan berbasis media campuran dan
dari mana bahan berbasis media campuran berasal, jenis dan karakteristik
bahan berbasis media campuran, Diskusi bersama peserta
didik untuk membahas mengenai prinsip bahan berbasis media campuran, Melakukan observasi bahan berbasis
media campuran, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui buku,
film, dan sebagainya),
Memperhatikan
demonstrasi pengolahan bahan berbasis media campuran, mempraktekkan uji coba
pengolahan bahan berbasis media campuran dengan baik.
7.
Guru menjelaskan lingkup penilaian
yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan
keterampilan). (meta kognitif)
8.
Guru menjelaskan aktifitas
pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek. (meta kognitif)
9.
Guru mengecek penguasaan awal
kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif
tentang berbasis media campuran, sebagai upaya mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak
siapakah diantara kalian yang tahu pengertian bahan
berbasis media campuran?” Kerajinan berbasis media
campuran apa saja yang kalian sukai? Anak-anak, topik belajar kita adalah
tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
10. Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang kerajinan berbasis
media campuran.
11. Guru
memfasilitasi peserta didik untuk dapat Mengidentifikasi
kerajinan berbasis media campuran dengan penyederhanaan.
(LK prediksi terlampir)
12. Guru
meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk
mengikuti pelajaran
|
8
Menit
|
Kegiatan Inti
Langkah 1:
Penentuan Proyek
Langkah 2:
Perancangan langkah-langkah
penyelesaian proyek
Langkah 3:
Penyusunan
Jadwal Pelaksanaan
|
Peserta didik bersama guru menentukan tema
proyek melalui diskusi interaktif misalnya: ”Anak-anak, benda apa saja yang
terbuat dari kerajinan berbasis media
campuran yang pernah kalian miliki? Adakah produk kerajinan berbasis media campuran yang ada
di sekitarmu, di sekolah, di rumah atau di suatu tempat di daerahmu?”
1. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran
berbasis proyek.
2. Peserta didik dan guru menyepakati jadwal
rencana pembuatan kerajinan berbasis media campuran
3. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang sistematika laporan proyek melalui
tayangan power point dari LCD proyektor.
4. Peserta didik dengan panduan guru membuat
kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan
mempertimbangkan karakteristik dan heterogenitas peserta didik.
1.
Setiap kelompok peserta didik membentuk
pengurus kelompok (ketua, sekretaris, bendahara, anggota).
1.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
berbelanja.
2.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal pembuatan kerajinan berbasis media
campuran.
3.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
penyusunan laporan.
4.
Peserta
didik bersama guru menentukan jadwal
presentasi laporan.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:
1.
Peserta didik membaca buku tentang kerajinan
berbasis media campuran, menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan berbasis media
campuran.
2. Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru
untuk mengamati gambar
dan meneliti dengan saksama, tentang kerajinan berbasis media campuran, yang dengan membaca buku peserta didik dan panduan LK-1 (terlampir). Guru memfasilitasi peserta didik dalam
mengerjakan LK-1 dengan berkeliling ke setiap kelompok untuk membantu peserta
didik yang mengalami kesulitan.
3.
Peserta didik berdiskusi interaktif dengan
panduan guru untuk menyimpulkan tentang keragaman karya kerajinan berbasis media campuran, mengklasifikasikan tentang kerajinan berbasis media
campuran.
4.
Kelompok peserta didik yang paling banyak dalam menyatakan
pendapat tentang keragaman karya
kerajinan berbasis media campuran diminta melakukan presentasi di depan
kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan
diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi serta menyimpulkan hasil
diskusi.
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
dengan mengevaluasi seluruh
aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. (meta kognitif)
2.
Guru
mengkonfirmasi hasil prediksi.
3.
Peserta didik menerima tugas dari guru untuk
mencari referensi tentang kerajinan berbasis media campuran dari berbagai
sumber,
misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajnan
berbasis media campuran atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
4. Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta
didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang aneka
kerajinan berbasis media campuran.
5. Membaca do’a dan mengkondisikan
kelas ke semula.
6. Peserta didik melakukan salam
sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12 menit
|
CATATAN :
Tulis Tebal (bold) = HOTS
Cetak miring = Pembiasaan / PPK
Cetak miring underline = Literasi
Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan
kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas
sekolah.
2.
Guru
Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca
surat-surat pendek
dalam Al-Qur’an.
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Guru menanyakan apakah peserta
didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi tentang produk kerajinan berbasis
media campuran. Hasil tugas tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai
referensi untuk merencanakan pembuatan kerajinan berbasis media campuran..
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan
pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan berbasis
media campuran dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam
memotivasi peserta didik.
6.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang
cakupan kompetensi untuk pertemuan kedua yaitu Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari
bahan berbasis media campuran, peserta didik menentukan jenis teknik dasar
yang akan dibuat dalam berkarya kerajinan dari bahan berbasis media campuran,
Mengamati beberapa produk kerajinan dari bahan berbasis media campuran dan
mengumpulkan informasi mengenai kerajinan yang ingin dibuatnya, Mengidentifikasi
karakteristik bahan berbasis media campuran, Membuat rancangan sebuah produk
kerajinan dari bahan berbasis media campuran, Membuat rancangan kerajinan
dari bahan berbasis media campuran dan membuat kerajinan bahan berbasis media
campuran sesuai rancangan.
6.
Guru menjelaskan lingkup penilaian
yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan
keterampilan).
7.
Guru menjelaskan aktifitas
pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.
8.
Guru mengecek penguasaan awal
kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif tentang kesukaan mereka terhadap berbasis
media campuran, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan, misalnya: “Anak-anak amati tampilan Vidio kerajinan berbasis media campuran, sebutkan bahan-bahan untuk membuat
kerajinan berbasis media campuran? Dan bagaimana proses pembuatan kerajinan
berbasis media campuran ” Anak-anak, topik belajar kita adalah
tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran?
9.
Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang aneka kerajinan
berbasis media campuran.
10. Guru meminta peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
|
8 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Peserta
didik secara berkelompok mengerjakan tugas untuk mengidentifikasi jenis kerajinan berbasis media campuran, mengerjakan LK tentang teknik pembuatan
kerajinan berbasis media campuran dan tahapan pembuatan kerajinan berbasis
media campuran, meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan serta
penyajian dan pengemasannya dengan menerapkan prinsif kepiawaian dalam
pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
Guru memandu tugas peserta didik dengan
menyediakan lembar kerja (LK-2, terlampir). Peserta didik menggunakan
referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah (referensi)
untuk mengerjakan tugas tersebut.
2.
Kelompok
peserta didik yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas, peserta
didik lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru
memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan
konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi
seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Peserta
didik menerima tugas dari guru untuk mencari
referensi tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari
berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap
penjual kerajinan bahan alam atau melalui browsing
internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.
Kegiatan
penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang
materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran, membuat produk bahan
keras alam dengan baik dan sesuai prosedur.
4.
Peserta didik dibawah bimbingan guru
mengembalikan kondisi kelas ke semula.
5.
Peserta
didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah dan mengucapkan
terima kasih.
|
12
Menit
|
CATATAN: Tulis
Tebal (bold) = Literasi
Cetak miring =
Pembiasaan/ PPK
............ = PPK disertai Literasi
Pertemuan Ketiga (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam, mengajak
peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas
yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik
memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2. Guru Membimbing peserta didik
melaksanakan pembiasaan rutin
menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3. Guru mengecek kehadiran peserta
didik.
4.
Peserta didik menjawab pertanyaandari guru
tentang kesiapannya dalam pembelajaran, misalnya dengan guru menanyakan tentang kesulitan peserta didik
dalam mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan
sebelumnya.
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dalam kehidupan
sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketiga yaitu Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran,
Membuat produk kerajinan bahan berbasis media campuran dengan mengikuti
persyaratan perancangan produk kerajinan, Membuat produk bahan berbasis media
campuran dengan baik dan sesuai prosedur, Membuat karya hingga tuntas dengan
jujur dan tanggung jawab, Pembuatan kerajinan, Pembuatan kerajinan bahan
berbasis media campuran dengan membantu dari segi langkah-langkah teknik
pembuatan kerajinan bahan berbasis media campuran
7. Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis
proyek.
8. Guru meminta peserta didik
mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
|
8
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Setiap kelompok peserta didik
dengan panduan guru merancang
pembuatan bahan dasar kerajinan dengan
mengerjakan LK-3 untuk:
a) Menentukan topik kerajinan berbasis media
campuran yang akan dibuatnya;
b) Menentukan bahan dasar kerajinan berbasis
media campuran yang akan dibuat;
c) Memutuskan bahan-bahan yang digunakan untuk
membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
d) Menentukan peralatan yang digunakan untuk
membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
e) Menentukan rancangan anggaran belanja dalam
membuat kerajinan berbasis media campuran yang akan dibuatnya;
f) Memutuskan pembagian tugas/ kerja kelompok.
2. Setiap
kelompok peserta didik mempresentasikan hasil rancangannya di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta
memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan
diskusi.
3. Peserta didik menerima konfirmasi dari guru
sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
|
60
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Peserta
didik melakukan refleksi
dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
2. Peserta didik menerima tugas dari guru untuk
mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan dalam praktik pembuatan kerajinan berbasis
media campuran sesuai pembagian tugas dari masing-masing kelompok agar dibawa
pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta
didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni praktik pembuatan kerajinan yang
terbuat dari berbasis media campuran.
4. Peserta
didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5. Peserta didik berdo’a dan melakukan
salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12
menit
|
Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam, mengajak
peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas
yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik
memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2. Guru Membimbing peserta didik
melaksanakan pembiasaan rutin
menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3. Guru mengecek kehadiran peserta
didik.
4.
Peserta
didik menjawab pertanyaan
dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik membuat
kerajinan berbasis media campuran, misalnya bertanya mengenai kelengkapan
bahan dan alat yang akan digunakan.
5.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai
tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi
pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari alam dalam kehidupan
sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6. Peserta didik menyimak penjelasan dari guru
tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan keempat yaitu Melakukan proses penyederhanaan atau penggayaan
bentuk dapat pula merubah bentuk asal dari sebuah produk kerajinan, Membuat
membuat produk kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rancangan, Melakukan
bimbingan pada teknik yang belum dikuasai peserta didik, Belajar bersama
sehingga dihasilkan keterampilan yang merata.
7. Peserta didik menyimak penjelasan dari
guru tentang lingkup
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8. Peserta
didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan
projek pembuatan aneka ragam kerajinan berbasis media campuran.
|
8
menit
|
Kegiatan Inti
Langkah ke-4
Penyelesaian Proyek
dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru
|
1.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis
media campuran dengan
melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)
Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai
dengan rancangan yang telah dibuat;
b)
Melakukan
persiapan peralatan pembuatan kerajinan berbasis media campuran
sesuai dengan rancangan;
c)
Melakukan
persiapan bahan-bahan kerajinan dari berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
d)
Praktik
membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan dengan
menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam
penciptaan karyanya; dan
e)
Menyajikan
bahan-bahan kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah
pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian
dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
2.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran
sesuai dengan rancangan;
3.
Peserta
didik dan guru melakukan evaluasi
bersama terhadap hasil praktik kerajinan berbasis media campuran sesuai
dengan rancangan. Peserta didik
mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data
yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi
seluruh aktivitas pembelajaran serta
menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Peserta
didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang
dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media
campuran pada pertemuan
berikutnya
3.
Kegiatan
penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang
materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni
penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media campuran.
4.
Peserta didik dibawah bimbingan guru
mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.
Peserta
didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12
menit
|
Pertemuan Kelima (2
JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam, mengajak
peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas
yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin
doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2. Guru Membimbing peserta didik
melaksanakan pembiasaan rutin
menyanyikan Lagu Nasional dan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3. Guru mengecek kehadiran peserta
didik.
4. Peserta
didik menjawab pertanyaan
dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik membuat
kerajinan berbasis media campuran, misalnya bertanya mengenai kelengkapan
bahan dan alat yang akan digunakan.
5. Peserta didik menyimak penjelasan
guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi pokok pembuatan kerajinan berbasis media campuran dari alam dalam
kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6. Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kelima yaitu Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan
berbasis media campuran yang dibuatnya, Mengamati produk kemasan yang cocok
untuk produk kerajinan yang dibuatnya. Membuat rancangan kemasan yang sesuai
dengan produk kerajinan berbasis media campuran dan membuat kemasan, Berkelompok
peserta didik mengkomunikasikan hasil produk kerajinan bahan berbasis media
campuran yang dibuatnya dan berani menerima kritikan dan melakukan perbaikan,
Melakukan kegiatan penyelenggaraan pameran akhir tahun di sekolah secara
berkelompok
7. Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8. Peserta didik menyiapkan semua alat dan
bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pembuatan aneka ragam
kerajinan berbasis media campuran.
|
8
menit
|
Kegiatan Inti
Langkah ke-4
Penyelesaian Proyek
dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru
|
4.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis
media campuran dengan
melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)
Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran sesuai
dengan rancangan yang telah dibuat;
b)
Melakukan
persiapan peralatan pembuatan kerajinan berbasis media campuran
sesuai dengan rancangan;
c)
Melakukan
persiapan bahan-bahan kerajinan dari berbasis media campuran sesuai dengan rancangan;
d)
Praktik
membuat kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan rancangan dengan
menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam
penciptaan karyanya; dan
e) Menyajikan bahan-bahan kerajinan berbasis
media campuran sesuai
dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan
prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan
karyanya.
5.
Setiap
kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan berbasis media campuran
sesuai dengan rancangan;
6.
Peserta
didik dan guru melakukan evaluasi bersama
terhadap hasil praktik kerajinan berbasis media campuran sesuai dengan
rancangan. Peserta didik mencatat
semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang
akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi
seluruh aktivitas pembelajaran serta
menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Peserta
didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan data-data/bahan-bahan yang
dibutuhkan untuk penyusunan laporan pembuatan kerajinan berbasis media
campuran
3.
Kegiatan penutup diakhiri Peserta
didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
4.
Peserta
didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
|
12
menit
|
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Observasi
|
Jurnal
|
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for learning and assessment of learning)
|
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa
(positif atau negatif) peserta didik.
b.
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1.
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan)
dengan jawaban terbuka
|
1.
Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud
dengan kerajinan berbasis media
campuran?
2.
Sebutkan mcam-macam kerajinan berbasis
media campuran?
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
|
2
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,
|
9.
Tuliskan yang dimaksud dengan kerajinan berbasis
media campuran!
2.
Tuliskan 4 macam bahan untuk membuat kerajinan berbasis
media campuran!
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
3
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan
terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
Carilah cara pembuatan kerajinan berbasis
media campuran, lalu identifikasi sesuai dengan LK.
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment as learning)
|
c.
Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Proyek
|
Tugas/ Praktik
|
Buatlah satu macam
kerajinan dari berbasis media campuran dengan modifikasi bahan
penujang!
|
Selama atau usai
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as learning, and assessment of
learning)
|
2
|
Portofolio
|
Sampel produk
terbaik dari tugas atau proyek
|
Buatlah laporan tentang pembuatan kerajinan berbasis media campuran yang
kalian praktikkan!
|
Saat pembelajaran
usai
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran
ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan
tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan
perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah
mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam kerajinan berbasis media campuran
Indramayu, Jan 2020
Mengetahui
Kepala
...........................................................
NIP. ..................................................
|
Guru Mata Pelajaran Prakarya
...........................................................
NIP. ..................................................
|
No comments:
Post a Comment